Peringati HUT DKI Jakarta, Opie Kumis dan Mpok Atiek Kenakan Pakaian Adat Betawi

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 22 Juni 2020 15:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 22 194 2234220 peringati-hut-dki-jakarta-opie-kumis-dan-mpok-atiek-kenakan-pakaian-adat-betawi-LSPgu3dlwt.jpg Opie Kumis bersama rekan pakai baju adat Betawi (Foto : @opiekumis17/Instagram)

Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang jatuh setiap tanggal 22 Juni. Pada tahun ini (2020), usia Ibu Kota genap 493 tahun.

Pada tanggal tersebut, masyarakat DKI Jakarta melakukan perayaan guna memperingati hari ulang tahun kota metropolitan ini, tak terkecuali salah seorang artis keturunan Betawi, Opie Kumis.

Bersama kerabatnya seperti Desta, Vincent Ryan Rompies, dan Mpok Atiek, mereka mengenakan pakaian adat Betawi. Para lelaki itu terlihat mengenakan pakaian adat resmi Betawi.

Opie Kumis

Konon katanya, pakaian adat resmi Betawi ini biasanya sering digunakan oleh para bangsawan dan demang. Seperti yang dikenakan oleh Opie, Desta, dan Vincent, mereka terlihat mengenakan baju ujung, yang terdiri dari kemeja putih yang digunakan sebagai dalaman, dan ditutupi dengan jas hitam.

Baca Juga : Rayakan HUT DKI Jakarta, Bikin Kerak Telor di Rumah Yuk!

Mereka mengenakan celana panjang berwarna senada lengkap dengan satung batiknya. Mereka juga terlihat mengenakan aksesoris dari ciri khas pakaian ini, yakni kopiah, serta jam rantai yang diselipkan di saku.

Sementara itu, Mpok Atiek juga mengenakan pakaian adat Betawi, yakni kebaya hitam lengkap dengan kain batiknya. Rambut Mpok Atiek juga disanggul layaknya perempuan Betawi zaman dahulu. Selain itu, Mpok Atiek juga terlihat menyematkan aksesoris bernuansa emas di bagian dada.

(hel)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini