HUT Jakarta, Bubur Ase Makanan Khas Betawi yang Disukai Jokowi

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 22 Juni 2020 11:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 22 298 2234130 hut-jakarta-bubur-ase-makanan-khas-betawi-yang-disukai-jokowi-vl4UgjzM7L.jpg Bubur Ase (Foto: Inst Lily Setiadinata)

Apakah Anda pernah mendengar Bubur Ase? Panganan asli Betawi ini memang kalah pamor dibandingkan Kerak Telor, tapi siapa sangka kalau makanan asli Betawi ini jadi kesukaannya Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Diterangkan pembuat Bubur Ase asli Betawi, Nike Nurhani, saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jokowi suka sekali makan Bubur Ase. Rasanya yang khas jadi alasan Jokowi menyukainya.

bubur ase

"Presiden Jokowi suka makan Bubur Ase. Makanan ini memang jadul banget, makanya udah susah nemuinnya lagi," kata Nike saat diwawancarai Okezone.

Nike menjelaskan, Bubur Ase itu unik banget, mulai dari tekstur dan juga rasanya. Ini yang membuat Jokowi cinta dengan Bubur Ase.

Beda dengan bubur biasa yang disiram kuah kaldu, diberi potongan ayam, kacang kedelai, daun bawang, sate telur puyuh, atau juga cakwe, Bubur Ase itu unik, semua itu tak ada di menu kesukaan Jokowi ini.

"Bubur Ase itu kental dan isinya semur daging, semur tahu putih, bawang, kacang teri, asinan, dan kerupuk. Perpaduan semur dan asinan yang tak biasa ini yang membuat Jokowi jatuh cinta," kata Nike.

Sebagai bentuk pelestarian makanan khas Betawi yang sudah jarang ditemukan, Nike dan keluarganya kini mempromosikan Bubur Ase melalui media sosial. Menurutnya, generasi penerus Betawi mesti tahu makanan ini dan jangan sampai hilang.

Baca juga: Nikmati Sensasi Main di Sungai Bawah Tanah Gua Pindul

"Makanan jadul ini udah susah ditemuin. Makanya kami juga sekarang jualan online untuk upaya melestarikan makanan khas Betawi," pungkasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini