Rutin Minum Teh Bikin Panjang Umur, Peneliti Ungkap Faktanya

Restu Prihargayu, Jurnalis · Senin 22 Juni 2020 07:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 22 481 2234034 rutin-minum-teh-bikin-panjang-umur-peneliti-ungkap-faktanya-JGDhtbHiIn.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TEH dikenal sebagai minuman yang kaya manfaat kesehatan. Sebuah studi mengungkapkan, dengan rutin mengkonsumsi teh dapat membuat hidup lebih lama atau panjang umur. Apa benar?

Dilansir Okezone dari NDTV Food, teh adalah minuman yang sering diminum di kala santai. Karena di saat minun teh dapat menenangkan dan memuaskan hati.

Manfaat dan keterbatasan kesehatannya telah menjadi bahan perdebatan selama beberapa tahun belakangan. Namun, penelitian baru-baru ini yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology mengatakan, meminum teh dapat mendapat kehidupan yang lebih sehat dan lebih lama.

Teh

Penelitian ini melibatkan lebih dari seratus ribu orang dewasa China, tanpa riwayat serangan jantung, stroke atau kanker. Peserta diklasifikasikan menjadi dua kategori, yaitu peminum teh rutin (tiga kali atau lebih seminggu), dan peminum teh non-rutin (kurang dari tiga kali seminggu).

Analisis sampai pada kesimpulan bahwa peserta studi berusia 50 tahun yang merupakan peminum teh rutin kecil risikonya mengalami penyakit jantung koroner dan stroke, dibandingkan orang yang tidak minum teh.

Selain itu, kejadian penyakit jantung dan stroke adalah 20% lebih rendah pada orang yang terbiasa mengonsumsi teh. Ada juga penurunan risiko 15% dari semua penyebab kematian di antara mereka.

Sementara itu, jenis teh yang paling baik untuj menjaga kesehatan adalah teh hijau. Jenis teh ini memiliki efek perlindungan yang menonjol dari teh lain.

"Teh hijau mengandung polifenol. Dengan demikian, asupan teh sering lebih lama periode mungkin diperlukan untuk efek perlindungan kardio," tambah penulis senior penelitian, Dongfeng Gu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini