Cegah DBD, Jangan Lupa Lakukan 3M Plus

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 22 Juni 2020 16:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 22 481 2234297 cegah-dbd-jangan-lupa-lakukan-3m-plus-JcIj97sD9Y.jpg Cegah demam berdarah (Foto : Timesnownes)

Kasus Demam Berdarah (DBD) semakin banyak terjadi di Tanah Air. Kenaikan kasus DBD bertepatan dengan pandemi virus corona Covid-19 yang menyerang dunia. Oleh sebab itu mengambil langkah pencegahan agar terhindari dari penyakit ini jalan terbaik yang bisa dilakukan untuk mengurangi angka peningkatan kasus DBD.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, mengatakan bahwa nyamuk Aedes Aegypti menggigit dua kali sehari yakni pada pagi dan sore hari. Karenanya harus dipastikan pemberantasan sarang nyamuk masih sangat relevan digunakan dengan cara 3M+.

“Menutup, menguras dan mendaur ulang sementara plusnya itu banyak sekali. Menggunakan lotion, menutup rumah dengan kasa nyamuk. Saat ini masih banyak masyarakat yang tidak menutup rumahnya dengan kasa nyamuk,” terang dr. Siti, dalam siaran langsung di Graha BNPB, Senin (22/6/2020).

DBD

Ia mengatakan masyarakat tidak perlu menggunakan kasa nyamuk yang mahal. Yang penting bentuknya menyerupai jaring-jaring. Selain itu kebiasaan hidup bersih dan tidak menumpuk pakaian bekas pakai juga efektif mengurangi nyamuk yang ada di rumah

“Tidak menumpuk baju dengan digantung. Karena nyamuk senang sekali setelah menggigit bergelantungan. Karena itu adalah sifat nyamuk karena adem. Ini adalah tempat yang di sukai nyamuk,” lanjutnya.

Baca Juga : Catat, Jam-Jam Ini Nyamuk DBD Sering Gigit Anak!

Senada dengan dr. Siti, Ahli infeksi dan pedriati tropik Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), dr. Mulya Rahma Karyanti, SpA(K) juga mengimbau para orangtua untuk melihat gejala DBD yang ditimbulkan pada anak. Salah satunya adalah dengan memperbanyak minum untuk mencegah dehidrasi, serta memperhatikan waktu buang air kecil si anak.

“Normalnya kalau cairannya cukup, seseorang akan buang air kecil stiap empat sampai enam jam sekali. Awasi juga aktivitasnya, apabila sudah seharian tidur, tidak bisa minum maksudnya muntah-muntah terus dan tidak buang air kecil lebih dari 12 jam, maka harus segera dibawa ke rumah sakit supaya tidak terlambat,” tuntas dr. Mulya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini