Coba Obati Sakit Tenggorokan dengan 3 Bahan Alami Ini

Sabrina Mulia Rhamadanty, Jurnalis · Senin 22 Juni 2020 16:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 22 481 2234357 coba-obati-sakit-tenggorokan-dengan-3-bahan-alami-ini-6bw2WXGtoU.jpg Lemon (Foto: Pixabay)

Sakit tenggorokan sering kali terjadi. Iritasi yang menyakitkan di leher kadang membuat kita kesulitan berkonsentrasi dengan aktivitas penting yang harus dilakukan. Sakit tenggorokan juga membuat kita sulit untuk berbicara, menelan, dan makan.

Ada beberapa penyebab sakit tenggorokan, salah satunya adalah virus yang merupakan penyebab paling umum. Beberapa alasan lain seperti alergi, udara kering, polusi, merokok, pilek, flu, juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan.

Seperti dilansir dari Boldsky, berikut adalah daftar obat rumahan alami yang efektif yang dapat membantu mengobati sakit tenggorokan Anda tanpa harus ketergantungan obat.

bawang putih

1. Bawang putih

Di Indonesia, bawang putih adalah bumbu dapur yang sangat sering dijumpai diberbagai masakan. Dikenal karena sifat antibakteri, antijamur dan antiseptiknya, bawang putih membantu dalam mengobati sakit tenggorokan. Senyawa allicin dalam bawang putih membantu membunuh bakteri yang menyebabkan sakit tenggorokan.

Cara terbaik untuk menggunakan bawang putih untuk sakit tenggorokan adalah dengan mengunyah bawang dalam keadaan mentah atau jika Anda tidak berani Anda dapat merebus bawang putih dengan air mendidih selama 3-4 menit, biarkan dingin dan gunakan sebagai obat kumur.

Bawang putih juga bisa dicampur dengan bahan herbal lain untuk meredakan sakit tenggorokan. Pertama, bawang putih dengan madu. Hancurkan beberapa siung bawang putih mentah dan campur dengan madu. Setelah dicampur, konsumsilah seperti sirup. Konsumsi setiap hari.

Kedua, Bawang putih dengan lemon. Campurkan jus bawang putih (5-6 siung) dan jus lemon (1 lemon) bersama-sama. Konsumsi ramuan ini sekali atau dua kali sehari.

Atau membuatnya menjadi teh bawang putih. Caranya masukan bawang putih dalam panci, didihkan 3 gelas air dan 3 siung bawang putih. Tambahkan ½ cangkir madu dan ½ cangkir jus lemon segar dan saring.


2. Cuka Apel

Cuka apel bersifat asam alami dan dapat membunuh bakteri di tenggorokan. Cuka Apel juga dapat membantu meredakan gejala pilek jika infeksi tenggorokan akibat dari pembentukan lendir di tenggorokan. Caranya, Campurkan satu sendok makan cuka sari apel dengan sedikit jus lemon dan satu sendok teh madu bersama dengan segelas air hangat. Minumlah ini setidaknya dua kali sehari.

3. Lemon

Lemon membantu mengobati sakit tenggorokan dengan mengecilkan radang tenggorokan yang bengkak dan menciptakan lingkungan yang tidak bersahabat (asam) untuk virus dan bakteri sehingga virus dan bakteri tidak dapat berkembang biak.

Baca juga: HUT DKI Jakarta, Cerita Warga Kenang Tempat Pacaran di Ibu Kota

Caranya, cukup tambahkan satu sendok teh lemon ke dalam segelas air dan aduk rata. Anda juga bisa menambahkan madu agar terasa lebih manis. Anda juga bisa menggunakannya sebagai obat kumur, cukup rendam kulit lemon dalam satu sendok teh madu dan berkumur menggunakan air setidaknya 3 kali sehari.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini