Sehat di Masa Pandemi, Ibu Hamil Harus Perhatikan Asupan Gizi

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 23 Juni 2020 04:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 22 481 2234483 sehat-di-masa-pandemi-ibu-hamil-harus-perhatikan-asupan-gizi-WitfFFh6AU.jpg Penuhi asupan nutrisi di masa kehamilan (Foto : Momjunction)

Pertahanan tubuh yang sehat bisa diarih dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan juga teratur. Terlebih, di masa new normal ini ibu hamil harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Eric Kasmara Sp. OG menyarankan, ada baiknya ibu hamil mengonsumsi makanan bergizi sehari-hari yang mengandung empat sehat lima sempurna.

Ia mengatakan, makanan bergizi seimbang tersebut adalah makanan yang mengandung sumber karbohidrat, protein, lemak, dan serat. Makanan yang mengandung zat tersebut diusahakan untuk dikonsumsi setiap hari.

"Makanan empat sehat lima sempurna adalah makanan yang mengandung sumber karbohidrat, protein, lemak, dan serat," ujar Eric melalui telekonferensi.

Diet Sehat

Sementara itu, Eric juga memberikan contoh-contoh makanan yang mengandung gizi seimbang tersebut. Adapun makanan yang mengandung sumber karbohidrat adalah nasi, roti, dan sereal.

Baca Juga : Dokter Reisa Jelaskan 7 Protokol Kesehatan di Mal dan Tempat Umum

Makanan yang mengandung sumber protein adalah daging, telur, hewan laut, dan kacang-kacangan. Sedangkan makanan yang mengandung sumber lemak adalah daging dan telur. Namun Eric menyarankan agar bumil mengurangi konsumsi lemak tak jenuh.

Terakhir, makanan yang mengandung sumber serat, vitamin, dan mineral bisa Anda dapatkan dari sayur-sayuran dan buah-buahan. Semua makanan tersebut bisa dikombinasikan sesuai selera, namun jangan makan dengan porsi berlebihan ya bumil.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini