Sebelum Berjemur Sinar Matahari, Pelajari Indeks UV yang Aman bagi Tubuh

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 22 Juni 2020 21:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 22 481 2234545 sebelum-berjemur-sinar-matahari-pelajar-indeks-uv-yang-aman-bagi-tubuh-Zsf43UIOyp.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PANDEMI Covid-19 memang membuat orang rajin berjemur sinar matahari. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Pasalnya, sinar matahari kaya akan vitamin D.

Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum berjemur. Perhatikan waktu dan indeks UV agar ritual berjemur Anda menghasilkan manfaat yang maksimal. Alih-alih ingin sehat, tapi kalau berjemur di waktu yang salah justru bisa merusak kulit lho.

Sinar UV adalah bagian gelombang elektromagnetik dari energi radiasi matahari yang menjangkau permukaan bumi. Badan Meteorologi dunia (WMO), mengatakan sinar matahari yang kurang akan memengaruhi mood seseorang dan menyebabkan kekurangan vitamin D.

Melansir laman Resmi Badan Meterologi dan Geofisika (BMKG), Senin (22/6/2020), khusus untuk wilayah Jabodetabek, pukul 08.00-09.00 WIB merupakan waktu tepat untuk berjemur dengan risiko rendah karena di jam tersebut indeks UV berada di kisaran 0-2 alias low.

Anda tidak disarankan untuk berjemur pada jam 10.00 WIB-11.00 WIB serta di jam 12.00 WIB-13.00 WIB karena indeks UV sangat tinggi, dan tentunya berbahaya. Sedangkan, berjemur menjelang sore tepatnya pada pukul 15.00-16.00 WIB memiliki indeks bahaya rendah hingga sedang.

Sebagai informasi, UV Indeks dibagi menjadi 11 tingkatan yang bisa dilihat dari perubahan warna. United Stated Environmental Protection Agency (EPA) menjelaskan lima indikator UV Indeks.

UV Indeks 1-2 (Low), ditandai dengan warna hijau: Tidak diperlukan perlindungan. Seseorang bisa tetap aman di luar rumah dan mendapatkan sinar matahari minimal.

UV Indeks 3-5 (Moderate), ditandai dengan warna kuning: Diperlukan perlindungan. Cari tempat teduh di pagi hari hingga sore hari.

UV Indeks 6-7 (High), ditandai dengan warna oranye: Saat berada di luar, sebaiknya aplikasikan tabir surya pada kulit yang terbuka. Selain itu kenakan pakaian pelindung, topi bertepi lebar, dan kacamata hitam.

UV Indeks 8-10 (Very High), ditandai dengan warna merah: diperlukan perlindungan ekstra. Berhati-hati jika berada di luar rumah.

UV Indeks 11 ke atas (Extreme), ditandai dengan warna ungu: Jika bayangan lebih pendek dari Anda, maka cari tempat yang teduh dan kenakan pakaian pelindung seperi topi lebar, dan kacamata hitam. Terapkan juga tabir surya pada kulit yang terbuka. (dwk) 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini