Mau Berjemur Sinar Matahari, Jangan Lupa Pakai Peralatan Ini ya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 22 Juni 2020 23:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 22 612 2234614 mau-berjemur-sinar-matahari-jangan-lupa-pakai-peralatan-ini-ya-kzM00SoIyJ.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MASYARAKAT dianjurkan untuk selalu menjaga kesehatan dengan meningkatkan imunitas tubuh di tengah Pandemi Covid-19 ini. Salah satu cara murah untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari.

Namun, berjemur di bawah sinar matahari tidak bisa dilakukan di sembarang waktu. Sebab, di jam-jam tertentu, indeks UV berada di tingkat tinggi yang memiliki risiko sangat tinggi dan berbahaya.

Khusus untuk wilayah Jabodetabek, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), Senin (22/6/2020), mengatakan pada pukul 08.00 hingga 09.00 WIB merupakan waktu yang baik untuk berjemur. Pasalnya, pada jam tersebut indeks UV berada di posisi 0-2 (low) atau memiliki risiko rendah.

BMKG menyarankan, jika Anda ingin berjemur pada jam tersebut, ada baiknya Anda membawa kacamata hitam jika prakiraan cuaca di hari tersebut tergolong cerah.

Selain itu, gunakan cairan pelembab tabir surya dengan kandungan SPF 30+. Aplikasikan pelembab setiap 2 jam termasuk saat Anda berkeringat. Ini juga berlaku jika cuaca pada hari tersebut berawan.

Sedangkan pada pukul 10.00 hingga 11.00 WIB dan 12.00 hingga 13.00 WIB, indeks UV berada pada level tinggi hingga sangat tinggi. Sehingga Anda tidak disarankan untuk berjemur pada waktu-waktu tersebut.

BMKG menyebutkan, minimalkan waktu di bawah paparan sinar matahari antara pukul 10.00 WIb hingga 16.00 WIB. Jika pada jam tersebut Anda sedang berada diluar rumah, tetap di tempat teduh saat matahari terik.

Selain itu, kenakan pakaian yang membantu melindungi Anda dari paparan sinar matahari. Kenakan topi lebar, dan kacamata hitam yang dapat menghalangi sinar UV.

Oleskan cairan pelembab tabir surya dengan kandungan SPF 30+ dan aplikasikan setiap 2 jam. Ini digunakan karena indeks UV di jam-jam tertentu sangat tinggi. Jika Anda terpapar sinar matahari tanpa pelindung, maka dengan mudah kulit Anda akan terbakar dalam hitungan menit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini