Tempat Wisata Dibuka Bertahap, Warga Jakarta Diminta Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 23 Juni 2020 09:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 23 406 2234691 tempat-wisata-dibuka-bertahap-warga-jakarta-diminta-disiplin-terapkan-protokol-kesehatan-fbq7j4jJY9.jpg Ragunan dibuka (Foto: Okezone)

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia mengatakan, saat ini pihaknya sedang membuka secara bertahap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Provinsi DKI Jakarta. Ini dilakukan dengan penerapan protokol kebersihan, kesehatan, dan keamanan yang ketat.

"Salah satunya adalah pemberlakuan kapasitas di masing-masing tempat wisata sebanyak 50 persen atau setengah dari kapasitas maksimal," kata Cucu Kurnia saat sesi diskusi Sosialisasi Kenormalan Baru di Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif belum lama ini.

 Ragunan

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebelumnya telah menyusun protokol kenormalan baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan (stakeholders). Di mana masing-masing industri memiliki pendekatan yang berbeda dalam penerapan protokol kenormalan baru.

Ia berharap kesempatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga Jakarta. Dia meminta warga Jakarta tidak perlu euforia namun fokus menjaga kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Saat ini tinggal komitmen dari industri itu untuk menjalankan protokol dengan disiplin. Termasuk pengunjung untuk sama-sama menerapkan protokol kesehatan," kata Cucu.

Dept. Head Corporate Communication Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari mengatakan, saat ini pihaknya telah membuka kembali operasional kawasan wisata Ancol. Namun berdasarkan ketentuan dari Pemprov DKI Jakarta, dalam pelaksanaannya dengan benar-benar memperhatikan protokol yang telah ditetapkan.

"Kami menerapkan peraturan yang bernama Senang Selamat Bareng-Bareng (SSBB) yang mengacu kepada standar pencegahan COVID-19. Kapasitas yang kami buka masih 50 persen dan animo pengunjung saat ini sudah cukup baik," kata Rika Lestari.

Di tahap pertama ini pihaknya mewajibkan pengunjung untuk membeli tiket dan reservasi masuk kawasan Ancol secara online. Pengunjung akan dilakukan pengecekan suhu tubuh dengan suhu tubuh maksimal 37,3 dan wajib mengenakan masker serta melakukan jaga jarak. Anak di bawah usia 5 tahun juga belum diizinkan untuk berkunjung.

 Baca juga: Khasiat Teh Rambut Jagung untuk Obat Radang

"Protokol telah kami siapkan, tidak hanya bagi pengunjung tapi seluruh staf dan pekerja di Ancol. Petugas kami akan memastikan pelaksanaan protokol berjalan dengan baik di lapangan," kata Rika.

(DRM)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini