Ini Cara Berjalan Kaki untuk Turunkan Berat Badan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 23 Juni 2020 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 23 481 2234921 ini-cara-berjalan-kaki-untuk-turunkan-berat-badan-ECGBmcU9UV.jpg Jalan kaki (Foto: Singapore Women Weekly)

Berjalan kaki di sebut sebagai salah satu olahraga yang bisa membantu seseorang untuk menurunkan berat badannya. Berjalan selama satu jam setiap harinya dapat membantu membakar kalori dalam tubuh yang berdampak pada penurunan berat badan.

Seperti dilansir Health Line, Selasa (23/6/2020), dalam salah satu penelitian, 11 orang wanita dengan berat badan sedang, berhasil menurunkan bobot sebesar 7,7 kilogram atau sekira 10 persen dari berat badan awal mereka.

Penurunan berat badan tersebut terjadi setelah mereka secara rutin berjalan cepat selama enam bulan. Para wanita itu secara progresif meningkatkan durasi berjalan mereka selama enam bulan untuk mencapai waktu maksimum selama satu jam per harinya.

 jalan kaki

Dari hasil penelitian, mereka mulai mengalami sedikit penurunan berat badan saat mulai berjalan kaki setidaknya 30 menit setiap hari. Hasil ini menunjukkan bahwa durasi yang dihabiskan untuk berjalan mungkin berkorelasi dengan penurunan berat badan seseorang.

Studi lain mencatat bahwa wanita obesitas (kelebihan berat badan) yang berjalan sebanyak tiga kali dalam seminggu dengan durasi 50-70 menit berhasil kehilangan sekira 2,7 kilogram selama 12 minggu di bandingkan dengan mereka yang tidak berjalan.

Baca juga: Catat, Jam-Jam Ini Nyamuk DBD Sering Gigit Anak!

Meski demikian, berjalan kaki tidak akan efektif jika tidak dikombinasikan dengan diet yang benar. Agar lebih efektif, Anda harus mengombinasikan olahraga ini dengan diet yang membatasi kalori. Dalam studi selama 12 minggu, orang dengan obesitas membatasi kalori 500 hingga 800 per hari.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini