Tenggorokanmu Mulai Terasa Tak Nyaman? Obati Saja dengan Obat Alami Ini

Sabrina Mulia Rhamadanty, Jurnalis · Selasa 23 Juni 2020 14:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 23 481 2234940 tenggorokanmu-mulai-terasa-tak-nyaman-obati-saja-dengan-obat-alami-ini-D1RjuqM6tB.jpg Madu lezat (Foto: Well Tuned)

Di tengah pandemi Covid-19, terkadang kita merasa tak enak badan. Bahkan tenggorokan terasa tak nyaman, seperti kering maupun gatal-gatal.

Kalau tenggorokanmu sudah merasa begitu, maka cobalah obati dengan obat alami berikut ini. Simak ya!

 kunyit

1. Kunyit

Rempah yang sering digunakan untuk membuat masakan berwarna kuning ini memiliki zat anti-inflamasi dan kaya antioksidan memiliki untuk melawan banyak penyakit serius, infeksi, dan bahkan luka.

Dikenal karena sifat antiseptiknya, kunyit adalah salah satu bahan terbaik untuk mengobati sakit tenggorokan. Caranya, cukup campurkan setengah sendok teh kunyit dan setengah sendok teh garam ke dalam satu cangkir air panas dan kumur.

Ketika sudah mencoba beberapa ramuan alami di atas, letakkan kepala Anda di atas bantal dan istirahatlah dengan cukup. Jangan memaksa tubuh Anda yang sedang tidak enak badan beraktivitas dan biarkan ramuan alami ini bekerja ketika Anda tidur.

2. Madu

Dikenal karena sifat antibakteri dan anti-inflamasinya, madu telah digunakan sejak lama untuk mengobati sakit tenggorokan. Banyak dokter juga menyarankan untuk menggunakan madu jika sakit tenggorokan Anda disertai dengan batuk. Caranya, Cukup campurkan dua sendok makan madu dengan segelas air hangat atau teh, dan minumlah sesuai kebutuhan. Atau Anda dapat minum satu sendok teh madu sebelum tidur.

Baca juga: Catat, Jam-Jam Ini Nyamuk DBD Sering Gigit Anak!

3. Kayu manis

Sebagai salah satu rempah masakan yang sering kita temui di dapur Kayu manis ternyata tinggi antioksidan dan memiliki manfaat antibakteri, kayu manis yang harum adalah obat tradisional untuk pilek dan flu.

Caranya, ambil beberapa tetes minyak kayu manis, campur bersama satu sendok teh madu, dan minumlah dua kali sehari. Anda juga bisa menambahkan bubuk kayu manis ke ramuan atau teh Anda.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini