New Normal, Ini Tips Olahraga di Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 23 Juni 2020 15:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 23 481 2234992 new-normal-ini-tips-olahraga-di-rumah-selama-masa-pandemi-covid-19-PGrfOoLdkg.jpg Olahraga di rumah selama masa pandemi Covid-19 (Foto : Performance Health)

Memasuki new normal seringkali disebut sebagai manusia yang hidup berdampingan dengan virus corona. Karena belum diketahui kapan pandemi ini berakhir sedangkan aktivitas harus terus berjalan, untuk itu diterapkanlah masa normal baru.

Di era normal baru atau new normal ini, menjaga kesehatan sangat penting dilakukan. Terlebih masyarakat yang mempunyai mobilitas tinggi memiliki risiko yang besar pula akan tertularnya virus corona.

Adapun salah satu cara menjaga kesehatan yang paling mudah dilakukan adalah berolahraga. Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan adalah meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Olahraga di Rumah

Namun, di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, olahraga apa yang berisiko paling rendah terhadap penularan virus corona?

Mengutip akun Instagram Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pada Selasa (23/6/2020), pada masa new normal, olahraga yang paling baik dilakukan adalah di rumah saja.

Karena dengan berolahraga di rumah saja, Anda tidak akan berinteraksi dengan orang lain yang berisiko terhadap penularan virus corona. Terlebih, olahraga di rumah sendiri Anda tidak harus membawa perlengkapan protokol kesehatan selengkap ketika Anda berolahraga diluar.

Baca Juga : 4 Olahraga Aman dari Covid-19, Tetap Waspada Ya!

Saat Anda melakukan olahraga, Anda bisa melakukan tahapan latihan conditioning. Pertama, ukur denyut nadi sebelum melakukan olahraga.

Selanjutnya, lakukan pemanasan selama 5 hingga 10 menit. Kemudian lakukan latihan inti selama 30 hingga 45 menit. Terakhir, lakukan pendinginan selama 5 hingga 10 menit.

Sebagai informasi, latihan conditioning adalah latihan ketahanan tubuh dan melatih kekuatan otot. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan latihan conditioning 3 hingga 5 kali dalam seminggu.

Setelah itu, gunakan 8 hitungan dalam setiap gerakan. Selanjutnya, lakukan minimal 2 repetisi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini