Terbiasa Jalan Kaki Bikin Kamu Terhindar Penyakit Jantung

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 23 Juni 2020 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 23 481 2235081 terbiasa-jalan-kaki-bikin-kamu-terhindar-penyakit-jantung-1TI9IR8Dgg.jpg Ilustrasi. (Freepik)

SELAMA pandemi virus corona Covid-19, masyarakat diimbau agar berolahraga dengan intensitas ringan dan sedang. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan adalah berjalan kaki.

Selain memberikan kesehatan dan kebugaran bagi tubuh manusia, berjalan kaki juga efektif untuk mengurangi berat badan seseorang. Melansir dari Health Line, Selasa (23/6/2020), untuk menurunkan berat badan, Anda harus secara konsisten mengonsumsi lebih sedikit kalori dari energi yang di keluarkan setiap hari.

Baca Juga: Ini Cara Berjalan Kaki untuk Turunkan Berat Badan

jalan kaki

Satu pon atau 0,45 kilogram berat badan manusia setara dengan 3.500 kalori. Berdasarkan teori ini, Anda perlu mengurangi asupan kalori sebanyak 500 selama tujuh hari agar kehilangan berat badan sebanyak 0,45 kilogram per minggu.

Meski demikian, teori ini tidak akan berlaku bagi orang dengan persentase lemak tubuh yang rendah. Melakukan defisit kalori sebanyak 500 per hari sangat cocok dilakukan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Defisit ini dapat dicapai dengan berjalan kaki selama satu jam per hari sambil di bantu dengan mengurangi asupan kalori yang di konsumsi. Defisit asupan kalori sebesar 500 per hari dapat menyebabkan penurunan 0,2 sampai 0,9 kilogram per minggu.

Selain mampu menurunkan berat badan, berjalan kaki beberapa kali dengan durasi 30-60 menit per minggu juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Beberapa di antaranya adalah menurunkan kolesterol LDL (buruk), peningkatan kolesterol HDL (baik), meningkatkan suasana hati dan menurunkan tekanan darah.

Semua manfaat berjalan dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, tingkat kematian serta peningkatan kualitas hidup seseorang. Selain itu berjalan selama 30 menit di sela-sela menjalankan aktivitas normal bisa membantu menjaga berat badan Anda dengan baik.

Sekadar informasi, orang dewasa cenderung mendapatkan kenaikan berat badan sebesar 0,5 sampai satu kilogram per tahun. Yuk biasakan untuk jalan kaki minimal 15 menit ya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini