Tips Berjalan Kaki Jadi Olahraga yang Menarik dan Menantang

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 23 Juni 2020 19:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 23 481 2235117 tips-berjalan-kaki-jadi-olahraga-yang-menarik-dan-menantang-heVKGgwFmN.jpg Olahraga jalan kaki (Foto : Huffpost)

Berjalan kaki menjadi salah satu olahraga yang digemari masyarakat selama pandemi virus corona Covid-19. Selain memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh, olahraga yang satu ini juga bisa membantu seseorang menurunkan berat badannya.

Jika Anda ingin berolahraga dengan jalan kaki setiap hari, dianjurkan untuk memulainya secara perlahan sebelum meningkatkan durasi dan intensitas olahraga Anda. Jika langsung memulainya dengan cepat untuk waktu yang lama, maka kebiasaan tersebut akan membuat Anda kelelahan, kesakitan dan menjadi tidak termotivasi.

Sebagaimana dilansir Health Line, Selasa (23/6/2020), mulailah dengan berjalan selama 10-15 menit per hari dengan kecepatan berjalan yang nyaman untuk Anda. Anda dapat menambahkan waktu berjalan selama 10-15 menit setiap minggu hingga mencapai durasi satu jam per hari. Setelah kebiasaan ini tercapai, Anda bisa mulai meningkatkan kecepatan berjalan.

Selain itu, olahraga juga harus dilakukan dengan baik dan menyenangkan. Tujuannya agar kegiatan olahraga yang Anda lakukan terasa lebih menarik dan menantang, sehingga Anda akan semakin bersemangat dan termotivasi untuk melakukannya.

1. Ubah rute olahraga

Berjalan di jalur sepeda, mengelilingi lingkungan yang berbeda seperti di tepian mal atau rute lain yang aman, bisa menjadi pilihan yang efektif. Tujuannya adalah menghindari kebosanan dalam diri Anda.

Jalan Kaki

2. Bagi waktu berjalan Anda

Jika Anda memiliki tujuan untuk berjalan kaki selama 60 menit setiap hari, maka bisa membagi olahraga tersebut menjadi dua kali berjalan kaki selama masing-masing 30 menit.

3. Berjalan dengan pasangan atau teman

Berjalan dengan pasangan atau teman memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Selain bisa mengobati kebosanan, Anda juga akan menjadi lebih termotivasi.

Baca Juga : Ini Cara Berjalan Kaki untuk Turunkan Berat Badan

4. Dengarkan musik

Dalam berolahraga pastikan diri Anda terhibur selama melakukannya. Mendengarkan lagu sambil berjalan mungkin menjadi pilihan tepat yang bisa dilakukan seseorang.

5. Berikan hadiah kepada diri sendiri

Memberikan hadiah atas keberhasilan yang telah dilakukan adalah hal yang wajib dilakukan. Anda bisa memberikan hadiah atas kerja keras dan usaha dengan membeli sepatu atau pakaian baru.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini