Gara-Gara Covid-19, Koala dan Wombat Jalin Persahabatan Istimewa

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 23 Juni 2020 17:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 23 612 2235084 gara-gara-covid-19-koala-dan-wombat-jalin-persahabatan-istimewa-fY5DPItJRQ.jpg Persahabatan koala dan wombat (Foto : VT)

Pandemi virus corona Covid-19 yang menyerang dunia tidak hanya berdampak bagi manusia. Beberapa hewan pun terkena dampak akibat penyakit yang satu ini. Salah satunya adalah persahabatan antara seekor koala dan wombat selama masa lockdown Covid-19.

Elsa si Koala dan Hope si Wombat telah menghabiskan sebagian besar masa lockdown akibat pandemi Covid-19 di salah satu perusahaan setelah dibesarkan di Taman Reptil Australia yang berjarak sekira satu jam di utara Sydney.

Wombat adalah spesies yang relatif mirip dengan koala sehingga sang penjaga tahu bahwa sangat aman untuk menampung kedua hewan tersebut bersama.

Koala dn Wombat

Sebagaimana dilansir VT, Selasa (23/6/2020), pembatasan yang diberlakukan pada banyak bisnis oleh pemerintah New South Wales membuat Taman Reptil Australia telah ditutup sementara sejak April dan Mei. Namun akhirnya taman reptil ini menyambut pengunjung pertamanya pada awal pekan ini setelah absen selama beberapa bulan.

Penjaga taman reptil tersebut memperhatikan bahwa kedua hewan tersebut telah memulai persahabatan. Hal tersebut terlihat jelas ketika kedua hewan ini mulai menyatukan hidung mereka yang merupakan tanda saling menyapa.

Baca Juga : Waspada Covid-19, Dokter Reisa Jelaskan Protokol Kesehatan di Tempat Wisata

Kurator Taman Reptil Australia, Harley Shute menyimpulkan bahwa menyatukan kedua hewan ini adalah pilihan yang sangat bagus. Kedua hewan ini bisa saling menjaga satu sama lainnya selama pandemi Covid-19.

“Diharapkan ini adalah secercah sinar matahari. Ini adalah persahabatan yang sangat istimewa yang telah dibentuk oleh mereka berdua dan saya tidak sabar melihatnya terus berkembang. Elsa dan Hope adalah duta besar untuk kehidupan liar di Australia dan satwa liar kami membutuhkan semua bantuan yang bisa didapat,” tuturnya.

Sekadar informasi, Australia memiliki tingkat kepunahan mamalia terburuk di dunia. Koala yang menjadi hewan ikonik Australia mengalami penurunan besar dalam jumlah. Sebagian disebabkan karena kebakaran semak di awal tahun 2020. Mereka terancam punah di alam liar pada 2050.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini