Camilan Enak untuk Santai Sepulang Kerja, Bikin Donat Pandan Yuk!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 24 Juni 2020 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 24 298 2235504 camilan-enak-untuk-santai-sepulang-kerja-bikin-donat-pandan-yuk-0t0MMz7p7Y.jpg Donat pandan (Foto : Craftlog)

Siapa yang tak kenal donat? Bentuknya yang bulat dengan bolongan di tengah tentu membuat siapapun mudah mengingatnya. Selain bentuknya unik, donat juga memiliki rasa yang enak.

Jika biasanya jenis donat yang dijual di pasaran adalah donat kentang, bagaimana jika kali ini Anda membuat donat yang sedikit berbeda. Ya, mengutip akun Instagram @resepcamilan pada Rabu (24/6/2020), berikut resep donat pandan yang enak dan bentuknya menggemaskan.

Bahan-bahan:

Donat Pandan

- 500gram tepung terigu protein tinggi. Boleh di mix dengan tepung terigu protein sedang.

- 4sdm gula pasir.

- 100gram butter atau margarin, cairkan dan dinginkan.

- 2 butir kuning telur.

- 1sdt ragi instan.

- 2sdm susu bubuk.

- 250ml air hangat kuku yang dicampur pasta pandan.

Baca Juga : Pesona Tiara Savitri, Putri Mulan Jameela yang Tolak Lamaran Putra Hamengkubuwono IX

Cara membuat:

- Siapkan wadah, masukkan 250ml air hangat, 5sdm tepung terigu, ragi, dan gula pasir. Aduk searah jarum jam secara perlahan-lahan dengan sendok hingga larut.

- Masukkan tepung sedikit-sedikit sambil diaduk. Apabila tepung sudah masuk kira-kira setengah dari ukuran, masukkan kuning telur satu per satu, susu bubuk, dan butter.

- Aduk lagi hingga rata. Tambahkan sisa tepung sedikit demi sedikit sampai adonan tidak lengket.

- Uleni adonan sampai kalis elastis. Tutup dengan plastik wrap. Diamkan sampai mengembang 2 kali lipat. Diamkan selama 45 menit.

- Kempeskan adonan, uleni sebentar lagi, bagi adonan dan bentuk bulat (masing-masing 40gram). Tutup dengan kain bersih dan diamkan sampai mengembang.

- Lubangi donat dengan tutup botol kecil diameter kira-kira 1-2cm.

- Panaskan minyak. Goreng donat dengan api kecil. Bolak-balik kedua sisi donat supaya terbentuk ringnya, sisihkan. Taburi donat dengan gula atau hias sesuai selera.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini