Sama-Sama Enak, Ini Perbedaan Es Krim dan Gelato

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 24 Juni 2020 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 24 298 2235740 sama-sama-enak-ini-perbedaan-es-krim-dan-gelato-3Wi0Qs6vye.jpg Es krim dan gelato (Foto: Msn)

Dari sekian banyak jenis makanan pencuci mulut atau dessert, es krim dan gelato termasuk salah satu dessert yang paling digemari para pencinta kuliner di seluruh dunia. Bukan tanpa alasan, kedua kudapan ini tak hanya menyuguhkan cita rasa manis yang menggugah selera, tetapi juga menawarkan sensasi segar yang unik.

Namun perlu diketahui bahwa es krim dan gelato ternyata merupakan dua jenis dessert yang berbeda lho, Okezoners! Keduanya memang diolah menggunakan beberapa bahan dasar seperti susu dan gula. Tetapi jenis dan proporsi bahannya yang membedakan es krim dan gelato.

Dilansir Okezone dari laman Foxnews, Rabu (24/6/2020), di Amerika Serikat, es krim harus mengandung lemak susu setidaknya 10% persen dari total seluruh bahan dasarnya. Sementara gelato seringkali jauh lebih sedikit dan biasanya di bawah 10%.

Es Krim

Es krim juga diolah dengan proporsi krim yang lebih besar daripada gelato bergaya Italia. Es krim umumnya dibuat dengan susu, sehingga menghasilkan kadar lemak yang lebih tinggi.

Selain itu, proses pengolahan es krim harus menggunakan campuran kuning telur, sementara gelato secara tradisional tidak menggunakan bahan tersebut sama sekali.

Namun dalam beberapa kasus, es krim dan gelaton dapat dibuat tanpa menggunakan telur. Dengan kata lain, kehadiran kuning telur di sini secara otomatis tidak menentukan apakah makanan itu masuk dalam kategori ‘es krim’ atau ‘gelato’.

Gelato

Kedua makanan penutup ini juga melalui proses pengadukan yang berbeda. Es krim diaduk lebih cepat sehingga menghasilkan tekstur yang lebih lembut dan mudah cair. Berbeda dengan gelato. Makanan ini diolah dengan teknik pengadukan yang cenderung lambat untuk memadatkan teksturnya. Karena alasan ini pula, kandungan lemak pada gelato lebih rendah.

Baca Juga : Pesona Tiara Savitri, Putri Mulan Jameela yang Tolak Lamaran Putra Hamengkubuwono IX

Luciano Ferrari, salah satu instruktur senior dari Carpigiano Gelato University percaya bahwa gelato lebih kaya rasa dan beraroma dibandingkan es krim.

“Pada dasarnya, gelato memberikan pengalaman rasa yang lebih kaya karena ada lebih sedikit lemak yang melapisi lidah. Baik es krim dan gelato juga sering disajikan dalam suhu atau temperatur yang berbeda. Es krim cenderung disajikan dalam suhu lebih dingin, sementara gelato dapat bertahan dan tidak mudah cair di suhu yang hangat,” tutup Luciano.

Nah, setelah membaca penjelasan di atas, kamu termasuk tim es krim atau gelato nih Okezoners? Tulis tanggapan kalian di kolom komentar ya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini