Radang Sendi, Nyeri Otot dan Nyeri Sembuhkan Saja dengan Santan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 24 Juni 2020 20:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 24 298 2235831 radang-sendi-nyeri-otot-dan-nyeri-sembuhkan-saja-dengan-santan-lgzzz1Rxtj.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SANTAN memang memiliki segudang manfaat serta kaya akan vitamin dan mineral. Tidak heran, jika santan banyak digunakan untuk kegiatan masak memasak. Tapi, apa hanya itu manfaat santan?

Dikutip Boldksy, kelapa mengandung asam laurat, yang terkenal untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Ini memiliki sifat antimikroba dan anti inflamasi dan menghambat pertumbuhan strain bakteri seperti Staphylococcus aureus, Mycobacterium tuberculosis pneumoniae.

Ini, pada gilirannya, membantu melindungi tubuh dari berbagai infeksi bakteri. Tapi selain mendorong sistem kekebalan tubuh, santan memang memiliki sifat anti-inflamasi dalam asam laurat yang dapat membantu menurunkan peradangan yang terkait dengan kondisi seperti radang sendi, nyeri otot dan nyeri.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Phytotherapy Research, santan memiliki sifat antiulcerogenik, yang memiliki kemampuan untuk mengurangi pertumbuhan luka dan mengurangi ukurannya di dalam lambung.

Nyeri sendi

Tapi jika Anda alergi terhadap kelapa, konsumsi santan dapat memiliki efek samping yang merugikan. Mengonsumsi santan berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan karena mengandung banyak kalori dan lemak.

Meski demikian, tidak selalu santan membuat gemuk loh. Dengan menambahkan santan ke bubur Anda dan siapkan untuk sarapan, maka Anda bisa mendapatkan diet sehat.

Selain itu, gunakan santan dalam smoothies atau protein shake. Tambahkan santan ke dalam sup, kaldu dan kari untuk mengentalkannya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini