Mudah Lupa? Berikut Cara Efektif untuk Menjaga Daya Ingat

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 25 Juni 2020 03:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 24 481 2235679 mudah-lupa-berikut-cara-efektif-untuk-menjaga-daya-ingat-sZRUTRduzu.jpg Sering lupa (Foto: Endeavour Foundation)

Apakah kamu seorang pelajar, pekerja profesional atau warga negara senior, ingatan yang tajam penting untuk semua orang. Setiap orang pasti pernah lupa, terutama saat padat dengan berbagai aktivitas.

Tetapi, memiliki memori atau daya ingat buruk yang sering menjadi masalah. Mudah lupa bisa berpengaruh dengan kinerjamu. Namun hal yang perlu dipikirkan adalah membahayakan daya ingatmu di kemudian hari.

Dilansir dari Times of India berikut adalah cara yang efektif yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan daya ingatmu. Apa saja?

 makan

1. Nikmati waktu makanmu

Kita tidak terlalu mementingkan kebiasaan makan. Sering kali kerja keras membuat kita lupa waktu untuk makan. Mungkin tampak seperti hal kecil, tetapi sebenarnya memiliki dampak besar pada kesehatan mental Anda.

Oleh karena itu jangan lewatkan waktu makanmu dan nikmati waktu makan. Sertakan lebih banyak buah dan sayuran berwarna dalam makanan Anda. Buah dan sayuran mengandung nutrisi dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh dan otak. Makanlah blueberry, tomat, bayam dalam diet Anda.

2. Tetap aktif

Tetap aktif tidak selalu berarti Anda harus pergi ke gym. Anda hanya perlu menjaga diri Anda aktif seperti olahraga, jalan-jalan, menari atau mencoba hal-hal lain. Gerakan tubuh sangat penting agar otak sehat karena meningkatkan aliran darah. Metabolisme juga meningkatkan struktur dan fungsi otak.

Baca juga: Pakai Baju Pengantin Klasik, Tara Basro Bahagia Mengucap Janji Bersama Daniel Adnan

3. Terus belajar

Orang sering menekankan agar orang selalu aktif secara fisik seperti olahraga. Namun hampir tidak ada orang yang berbicara tentang pentingnya menjadi aktif secara mental. Keduanya memiliki peran yang berbeda untuk dimainkan dan keduanya penting bagi Anda. Oleh karena itu teruslah belajar, membaca buku agar otak Anda jadi lebih aktif.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini