Waspada, Mata Terkena Disinfektan Bisa Sebabkan Kebutaan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 24 Juni 2020 19:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 24 481 2235817 waspada-mata-terkena-disinfektan-bisa-sebabkan-kebutaan-vy4PKKXNt1.jpg Paparan disinfektan bisa berbahaya (Foto : Timesofindia)

Selama pandemi virus corona Covid-19 masyarakat Indonesia kerap menggunakan desfinfektan dalam upaya mencegah penularan penyakit. Biasanya disinfektan disemprotkan tidak hanya disemprotkan ke permukaan benda mati, namun manusia juga kerap menjadi objek penyemprotan.

Menanggapi hal tersebut Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Arini Astasari Widodo, Sp.KK, mengatakan bahwa cairan disinfektan tersebut sangat berbahaya apabila terpapar langsung dengan bagian tubuh manusia. Kondisi tersebut akan semakin bertambah parah apabila mengenai bagian mata manusia.

“Cairan disinfektan merupakan cairan kimia bersifat basa, sehingga berbahaya apabila mengenai mata. Cairan disinfektan akan membuat trauma kimia di mata yang akan membuat luka di kornea,” terang dr. Arini, saat dihubungi Okezone melalui pesan singkat, Rabu (24/6/2020).

Semprot

Baca Juga : Cantiknya Tiara Idol Menjelma Jadi Boneka Barbie Korea

Selain itu desinfektan yang mengenai mata akan menyebabkan peningkatan tekanan bola mata, dan kematian sel punca di permukaan bola mata. Jika tak segera mendapatkan perawatan medis, maka kondisi ini bisa semakin fatal dan berakibat pada kebutaan.

“Dalam jangka panjang menyebabkan pembentukan jaringan parut di kornea dan kebutaan. Disinfektan juga akan mengiritasi saluran napas dan area genitalia, sehingga pemakaian pada area ini selayaknya dihindari,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini