6 Cara Atasi Iritasi Kulit Akibat Sering Gunakan Antiseptik

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 24 Juni 2020 19:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 24 611 2235799 6-cara-atasi-iritasi-kulit-akibat-sering-gunakan-antiseptik-ZKfSPNx1MU.jpg Penggunaan antiseptik bisa sebabkan iritasi (Foto : Healthline)

Penggunaan antiseptik semakin meningkat selama pandemi Covid-19. Meski demikian, masyarakat wajib mengetahui betul tentang bahaya yang ditimbulkan akibat sering menggunakan produk pembasmi kuman tersebut.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Arini Astasari Widodo, Sp.KK, mengatakan bahwa dermatitis kontak iritan (DKI) atau biasa disebut reaksi iritasi kulit, sering kali dilaporkan akibat pemakaian bahan yang mengandung iodophors. Selain itu Antiseptik lain yang dapat menyebabkan iritasi yakni klorheksidin, chloroxylenol, triclosan, dan alkohol.

“Kulit yang rusak akibat pajanan terhadap detergen lebih mudah terkena iritasi di bandingkan formulasi antiseptik lain. Studi juga mengatakan bahwa reaksi efek samping penggunaan antiseptik lebih rendah bila diberikan emollient (pelembap) di dalamnya,” terang dr. Arini saat dihubungi Okezone melalui pesan singkat Whatsapp, Rabu (24/6/2020).

Hand Sanitizer

Baca Juga : Adu Gaya Tiara Savitri dengan Tiara Idol, Pilih Siapa Dul?

Dalam kesempatan tersebut, dr. Arini juga membagikan enam cara yang bisa dilakukan masyarakat apabila mengalami iritasi dari penggunaan antiseptik.

1. Jangan menggunakan air panas saat mencuci tangan

2. Langsung gunakan hand cream setelahnya (pilih pelembap yang berbentuk tube, bukan pot, untuk mengurangi risiko kontaminasi)

3.Keringkan dengan angin atau tepuk dengan handuk/tissue lembut (tidak di gosok dan tidak menggunakan produk yang kasar)

4. Pemilihan antiseptik berbasis alkohol yang mengandung pelembap

5. Apabila akan memakai sarung tangan atau gloves, keringkan hand santitizer sampai benar-benar kering

6. Bilas sabun sampai benar-benar bersih

(hel)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini