Viral Foto Bayi Burung Hantu Tidur Telungkup, Wajahnya Sampai Nyusruk ke Tanah

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 24 Juni 2020 13:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 24 612 2235551 viral-foto-bayi-burung-hantu-tidur-telungkup-wajahnya-sampai-nyusruk-ke-tanah-Gzfbvs1Ni8.jpg Bayi burung hantu (Twitter)

Belum lama ini beredar foto unik dan menarik yang memperlihatkan seekor burung hantu yang tidur tertelungkup di atas tanah. Foto tersebut mendadak viral usai menyebar luas di akun media sosial Twitter. Akun @reviewwales pertama kali memosting foto mengenai keanehan yang dilihatnya pada 21 Juni 2020.

“Saya baru saja menemukan bahwa bayi burung hantu tidur telungkup seperti ini karena kepala mereka terlalu berat. Saya juga tidak berpikir pernah melihat kaki burung hantu sebelumnya,” tulis akun @reviewwales.

Sebagaimana dilansir VT, Rabu (24/6/2020), menurut IFL Science, burung hantu dewasa dapat tidur sambil duduk karena tubuh mereka sepenuhnya berkembang. Namun karena kepala bayi burung hantu sangat besar, mereka tidak memiliki pilihan selain berbaring telungkup ketika mereka ingin menutup mata.

 

Setelah foto burung hantu tersebut tersebar di media sosial, banyak netizen yang penasaran dengan keaslian foto tersebut. Namun, tidak lama kemudian sejumlah netizen juga turut mengunggah foto yang memperlihatkan fenomena burung hantu yang tidur sambil telungkup.

Pengguna Twitter, Mika McKinnon mengatakan bahwa postingan foto tersebut adalah asli. Meski demikian ia berharap netizen bisa menghubungi ahli burung hantu untuk mendapatkan jawaban yang lebih ilmiah.

Seorang pengguna Twitter lainnya bernama Heather Hinam mengatakan: “Saya sudah mencoba mencari fotografer asli untuk gambar ini, tetapi tidak berhasil. Ini jelas seekor burung penangkaran. Bagaimanapun burung hantu muda ini sedang beristirahat sambil berbaring. Kepala mereka terlalu berat untuk tubuh mereka. Ini adalah pukulan telak dari penelitian Ph.D saya.”

Salah satu artikel yang dibuat oleh salah satu organisasi lingkungan nirlaba yang didedikasikan untuk konservasi, National Audubon Society juga mengonfirmasi fenomena unik ini. Mereka mengatakan menemukan dua bayi burung hantu sedang tidur.

Baca juga: Fosil Berusia 66 Juta Tahun Diyakini sebagai Telur Raksasa

Dalam video tersebut terlihat jelas bahwa burung hantu tersebut berbaring telungkup dengan kepala menoleh ke samping. Meskipun terlihat mirip, namun gaya tidur burung hantu ini jauh lebih elegan ketimbang foto yang sebelumnya di posting.

“Tidur siang mereka pendek, dan ketika mereka tidur, mereka tidak suka dibangunkan, bahkan untuk diberi makan,” kata artikel tersebut.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini