Telur Berdiri Tegak dan Makan Bacang Momen Paling Ditunggu saat Festival Peh Cun

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 25 Juni 2020 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 25 298 2236145 telur-berdiri-tegak-dan-makan-bacang-momen-paling-ditunggu-saat-festival-peh-cun-S8oTFEbrij.jpg Bacang paling dinanti saat Festival Peh Cun (Foto : Wondorfull Indonesia)

Seluruh masyarakat Tionghoa di Indonesia tengah merayakan festival Duan Wu Jie atau biasa dikenal dengan Peh Cun dalam bahasa Hokkien yang jatuh pada Kamis (25/6/2020). Peh Cun adalah salah satu festival penting dalam kebudayaan dan sejarah Tionghoa.

Dalam festival Peh Cun, hal yang sangat kental dan identik dengan perayaan ini adalah bacang. Di Tiongkok bacang lebih di kenal dengan nama zongzi, sementara dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan nama rice dumplings.

Makanan ini biasanya di santap oleh masyarakat pada hari kelima bulan kelima dalam penanggalan lunar Tionghoa yang tahun ini jatuh pada Kamis 25 Juni 2020. Dalam legenda Tionghoa, Peh Cun diyakini mengandung nilai-nilai positif seperti kerjasama, ketekunan, kebaikan dan siap berkorban saat dibutuhkan.

Bacang

Merangkum dari situs resmi Wonderfull Indonesia, Kamis (25/6/2020), bacang yang menjadi makanan identik dalam perayaan Peh Cun terbuat dari nasi atau ketan. Pada awal mulanya, bacang diisi dengan daging babi yang dibumbui dan dibungkus dengan daun bambu.

Tetapi di Indonesia diisi dengan daging ayam atau daging sapi yang dimasak menggunakan rempah-rempah. Ada pula bacang yang diisi dengan buah-buahan manis khusus bagi masyarakat yang lebih suka dengan makanan manis.

Baca Juga : Mengenal Festival Peh Cun, Tradisi Kebudayaan Masyarakat Tionghoa

Selain bacang yang wajib ada dalam perayaan, tradisi unik lain selama Peh Cun yang paling banyak ditunggu masyarakat adalah membuat telur berdiri dengan tegak. Fenomena ini mungkin saja bisa terjadi lantaran bumi, matahari dan bulan diposisikan dalam satu garis lurus.

Kondisi ini akan memengaruhi gravitasi bumi yang memungkinkan telur dapat berdiri dengan tegak tanpa bantuan apa pun.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini