Selain Konsumsi Vitamin, Ini 3 Cara Lain untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 25 Juni 2020 12:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 25 481 2236108 selain-konsumsi-vitamin-ini-3-cara-lain-untuk-tingkatkan-imunitas-tubuh-vcUhFAEiqC.jpg Vitamin (Foto: Hale Groves)

Sejak pandemi Covid-19, penjualan produk vitamin C meningkat drastis. Masyarakat berbondong-bondong membeli suplemen dan berbagai vitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Namun, banyak yang tidak menyadari bahwa meningkatkan imunitas tubuh tidak segampang minum vitamin. Sebelum Anda memborong suplemen dan vitamin, penting untuk memahami bahwa sistem kekebalan adalah jaringan kompleks, antibodi, sel, bahan kimia dan organ yang memainkan peran penting dalam menangkal patogen dan melawan segala jenis infeksi yang mengancam tubuh.

Anda bisa menganggap kekebalan tubuh Anda adalah pasukan yang siap melawan penyakit. Tetapi itu tidak bisa didapatkan secara instan.

Anda perlu menjaga dan menjalankan imunitas tubuh untuk melawan patogen atau virus yang datang menghadang. Melansir Times of India, berikut 3 cara untuk meningkatkan imunitas tubuh selain dari konsumsi vitamin.

 tidur cukup

1. Perbaiki siklus tidur

Pastikan Anda tidur di waktu yang sama setiap harinya. Tidur nyenyak dalam waktu 6 hingga 7 jam membuat Anda bangun dengan perasaan segar di pagi hari.

Jika siklus tidur Anda kacau, cobalah untuk selalu konsisten melatih tidur di jam yang sama termasuk akhir pekan. Mendapatkan cahaya matahari pagi selama 30 menit setiap hari juga bagus unutk memperbaiki ritme sirkadian Anda.

 

2. Temukan cara untuk mengurangi stres

Ketika Anda stres, tubuh akan melepaskan hormon kortisol. Kortisol merupakan hormon yang berperan dalam mengatur kekebalan tubuh, mengkonversi protein menjadi glukosa, memelihara tekanan darah.

Peningkatan jumlah stres menyebabkan peningkatan aktivitas inflamasi yang juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh Anda lemah dan kemampuannya untuk melawan patogen berkurang.

Baca juga: Olahraga di Era New Normal, 4 Artis Cantik Ini Langsung Bergaya di Senayan

Ketika Anda stres karena sibuknya pekerjaan, coba urutkan berdasarkan prioritas. Jangan melakukan semuanya sekaligus.

Alternatif lainnya adalah selalu menempatkan pikiran Anda pada saat ini. Bukan menyesali masa lalu atau mencemaskan masa depan.

3. Pilih olahraga yang dibutuhkan tubuh

Olahraga yang rutin dan seimbang baik untuk kesehatan tubuh. Jika Anda merasa berenergi, luangkanlah waktu untuk berolahraga lebih lama. Namun jika Anda sudah merasa lelah, segeralah beristirahat.

Jika misalnya Anda sudah seminggu tidak berolahraga, jangan berolahraga dengan durasi lama untuk membayar utang itu. Olahraga 30 menit yang dilakukan setiap hari hari lebih baik daripada 6 jam sehari tapi hanya dilakukan setiap minggu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini