Ingat, Efek Buruk Narkoba Itu Permanen Meski Sudah Sembuh

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 25 Juni 2020 13:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 25 481 2236165 ingat-efek-buruk-narkoba-itu-permanen-meski-sudah-sembuh-Hu3bbAenJL.jpg Narkoba (Foto: Anthony Louis Center)

Pecandu narkoba sulit lepas dari situasinya. Mereka tidak hanya akan mengalami kondisi kesehatan yang buruk, tapi perilaku di lingkungan sosial pun akan berubah ke arah negatif.

Dampak ini bahkan dikatakan akan permanen di tubuh meski si pecandu sudah sembuh dari ketergantungannya. Seperti laporan di laman Gateway Foundation, beberapa efek obat akan bertahan di tubuh dan permanen. Ini berarti seseorang yang sudah berhenti mengonsumsi narkoba masih bisa mengalami dampak buruk obat yang ia minum.

 narkoba

Efek samping narkoba itu tergantung dari jenis apa yang dikonsumsi. Pada mereka yang suka menggunakan jarum suntik, maka efek sampingnya cepat terlihat karena injeksi obat langsung ke aliran darah. Sementara itu, untuk narkoba oral efeknya baru dirasakan dalam kurun waktu tertentu.

Namun, menjadi catatan penting untuk semua ialah narkoba jenis apapun akan memengaruhi otak. Jadi, mau Anda mengonsumsi yang dikatakan minim efek, tetap saja otak Anda kena dampaknya.

Dijelaskan di sana, ketika narkoba itu masuk ke tubuh, obat itu menyebabkan dopamin dalam jumlah besar. Dopamin ini adalah suatu neurotransmitter yang membantu mengatur emosi, motivasi, dan perasaan senang.

Makanya, jangan heran kalau pecandu narkoba itu bisa memiliki perasaan yang membara karena obat yang dia minum menciptakan reaksi tersebut. Atau Anda melihat ketika seseorang yang awalnya banyak diam dan berubah jadi lebih aktif dan lebih percaya diri, itu bisa jadi salah satu reaksi narkoba.

Nah, memang sih terdengar membantu karena akhirnya seseorang bisa lebih 'keluar' bahkan 'tinggi', tapi dorongan dopamin yang kencang itu malah mengubah cara otak dalam bekerja dan mengganggu kemampuan seseorang untuk membuat pilihan. Reaksi itu juga yang membuat orang ketagihan.

Baca juga: Olahraga di Era New Normal, 4 Artis Cantik Ini Langsung Bergaya di Senayan

Fakta mengungkapkan bahwa narkoba itu membunuh pemakainya. Dari data, satu dari empat orang yang meninggal dunia berasal dari kelompok pengguna obat terlarang. Fakta lain mengungkapkan, narkoba membuat pemakainya cacat dan mengalami penyakit serius di kemudian hari. (DRM)

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini