Sakit Mata di Era New Normal, Bagaimana Menanganinya?

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 25 Juni 2020 14:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 25 481 2236178 sakit-mata-di-era-new-normal-bagaimana-menanganinya-gwOuZzC0IF.jpg Ilustrasi. (SMEC)

TELEMEDICINE dapat diandalkan untuk pasien dan dokter yang dapat bertemu secara virtual. Di masing-masing bidang kesehatan rupanya ada banyak macam istilah yang harus Anda tahu.

Di tengah pandemi Covid-19, tak sedikit rumah sakit menggunakan telemedicine. Tak hanya di puskesmas atau rumah sakit umum, di klinik mata pun menggunakan digitalisasi tele-oftalmologi.

Spesialis Mata Dr Imsyah Satari, SpM menjelaskan, tele-oftalmologi merupakan suatu layanan berbasis virtual. Tujuannya untuk mengefektifkan pengeluaran dana pasien terhadap pemeriksaan kesehatan mata.

smc

Dalam proses konsultasi masalah mata, kata Dr Imsyah, pemeriksaan yang tepat dan efektif memang seharusnya dilakukan secara tatap muka. Karena ada penggunaan alat khusus di rumah sakit atau klinik mata.

"Namun untuk menjawab kebutuhan pasien yang tidak dapat pergi ke rumah sakit atau klinik mata, dokter bisa mencoba menyederhanakan proses pemeriksaan mata secara jarak jauh dengan bantuan teknologi telekomunikasi," ucapnya lewat keterangan resminya.

Dr Imsyah menuturkan, meski konsultasi dilakukan dengan tele-oftalmologi, tetap harus membuat pasien nyaman. Bahkan dokter dapat memberikan arahan yang lebih mendalam dan menyeluruh berdasarkan riwayat medis pasien.

“Saat ini sudah lumrah bahkan sifatnya wajib untuk rumah sakit dan klinik mata beradaptasi terhadap perubahan zaman. Utamanya dalam masa sulit seperti wabah virus corona baru ini yang mengharuskan masyarakat untuk tetap di rumah,” beber Dr Imsyah.

Kalau pasien sudah menggunakan tele-oftalmologi namun keluhan matanya tidak terjawab dan butuh tahap lain, dokter juga harus merujuknya ke layanan lanjutan. Teknologi informasi seperti ini dipercaya akan mengubah etos pelayanan kesehatan secara menyeluruh di masa depan.

"Diharapkan dapat menjadi solusi praktis dan terjangkau untuk menjawab kebutuhan kesehatan mata, terutama di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini," pungkas CEO SMEC Group itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini