CDC Ungkap Proses Bakteri Listeria Menginfeksi Manusia dari Jamur Enoki

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 25 Juni 2020 18:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 25 481 2236338 cdc-ungkap-proses-bakteri-listeria-menginfeksi-manusia-dari-jamur-enoki-empS8oWKw3.jpeg Jamur enoki (Shutterstock)

Bukti epidemiologis, traceback dan laboratorium menunjukkan bahwa jamur enoki yang dipasok oleh Green Co. LTD yang terletak di Republik Korea menjadi sumber wabah penyebaran infeksi multistate Listeria monocytogenes.

Dalam wawancara dengan salah satu pasien Listeria, mereka menjawab beberapa pertanyaan tentang makanan yang mereka konsumsi pada bulan sebelum mereka jatuh sakit. 12 orang dari 22 responden (55 persen) mengaku mengonsumsi berbagai macam jamur seperti enoki, Portobello, white, kancing, cremini, kuping kayu, maitake dan tiram.

Food and Drugs Administration (FDA) dan pejabat negara mengumpulkan jamur enoki untuk dilakukan pengujian. Departemen Pertanian dan Pengembangan Pedesaan Michigan mengumpulkan jamur enoki dari toko grosir di mana beberapa pasien berbelanja dan mengidentifikasi jenis wabah dalam dua sampel.

Merangkum dari situs resmi CDC, Kamis (25/6/2020), jamur ini telah diberi label sebagai Produk Korea dan didistribusikan oleh Sun Hong Foods, Inc pada 9 Maret 2020. Selain itu Departemen Kesehatan Masyarakat California mengumpukan jamur enoki dari toko kelontong dan mengidentifikasi jenis wabah dalam satu sampel.

Jamur Enoki

Jamur lainnya juga diberi label sebagai Produk Korea dan didistribusikan oleh Guan’s Mushroom Co pada 23 Maret 2020. FDA juga mengumpulkan sampel jamur enoki untuk pengujian dari Green Co.LTD yang berasal dari Republik Korea pada 6 April 2020.

Baca Juga : Penampilan Memikat Cinta Laura Bergaya Edgy

Hasil menunjukkan bahwa dua sampel ini menghasilkan strain wabah Listeria monocytogenes. Pada 18 Maret 2020, Kementerian Keamanan Pangan dan Obat-Obatan Korea menerbitkan temuan investigasi dan langkah-langkah yang akan diambil untuk mencegah penyakit di masa depan.

Mereka menemukan Listeria monocytogenes pada jamur enoki yang diproduksi oleh dua perusahaan di Republik Korea. Jamur enoki yang sudah lewat masa simpannya kemungkinan sudah tidak tersedia lagi di pasaran untuk dijual. Jadi seharusnya wabah ini sudah berakhir pada 9 Juni 2020.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini