Heboh Wabah Penyakit dari Jamur Enoki, Ini Tips Cegah Listeria di Lemari Es

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 25 Juni 2020 20:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 25 481 2236383 heboh-wabah-penyakit-dari-jamur-enoki-ini-tips-cegah-listeria-di-lemari-es-pLaXxTurfp.jpg Bersihkan kulkas cegah listeria (Foto : CBC)

Baru-baru ini wabah penyakit baru yang disebabkan oleh bakteri Listeria Monocytogenes telah menghebohkan dunia. Bakteri ini disebut berasal dari jamur enoki yang diproduksi oleh beberapa perusahaan di Korea.

Tentunya penemuan kasus ini membuat khawatir banyak masyarakat. Meskipun wabah diperkirakan sudah berakhir pada 9 Juni 2020 akibat masa simpan jamur enoki yang sudah melewati batas, tapi penyebaran bakteri masih mungkin terjadi lewat beberapa benda yang telah bersentuhan dengan bahan makanan ini.

Anda bisa membersihkan semua permukaan dan wadah yang mungkin bersentuhan dengan produk jamur enoki yang ditarik lagi dari pasaran. Sebagai informasi, Listeria dapat bertahan hidup dalam suhu dingin dan dapat dengan mudah menyebar ke makanan dan permukaan lainnya.

Jamur Enoki

Melansir dari laman resmi CDC, Kamis (25/6/2020), terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan unruk membersihkan lemari es Anda yang memiliki potensi tercemar bakteri Listeria. Berikut ulasannya.

1. Cuci permukaan dengan air sabun yang panas

2. Cuci wadah yang ada di lemari es dengan air panas bersabun atau dengan mesin cuci piring

3. Untuk membersihkan permukaan dan wadah, gunakan larutan satu sendok makan cairan pemutih dalam satu gallon air. Lakukan ini setelah dibersihkan dengan air sabun yang panas.

4. FDA merekomendasikan bahwa pengolah makanan, restoran, dan pengecer yang menerima jamur enoki yang telah dilarang, menggunakan kewaspadaan ekstra dalam membersihkan permukaan dan wadah yang mungkin bersentuhan dengan produk ini untuk mengurangi risiko kontaminasi silang.

Baca Juga : CDC Ungkap Proses Bakteri Listeria Menginfeksi Manusia dari Jamur Enoki

Para pemilik usaha pengolah makanan, restoran, dan pengecer juga wajib memperhatikan beberapa hal terkait dengan bakteri Listeria yang terdapat pada jamur enoki.

1. Pelajari kelompok mana yang paling mungkin atau berpotensi terinfeksi Listeria.

2. Pelajari makanan apa yang memungkinkan mengandung Listeria dan bagaimana seseorang dapat mengambil langkah-langkah untuk mencegahnya.

3. Hubungi penyedia layanan kesehatan jika Anda sudah mengonsumsi produk yang di tarik dan mengalami gejala listeriosis.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini