Tingkatkan Dopamin, Efek Samping Narkoba Bisa Bikin Halusinasi Tinggi

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 25 Juni 2020 21:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 25 481 2236387 tingkatkan-dopamin-efek-samping-narkoba-bisa-bikin-halusinasi-tinggi-JYFCE1AiHv.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

SEMUA jenis narkotika memengaruhi kemampuan otak, khususnya di area naluri dan suasana hati. Makanya, pemakai obat terlarang akan mengalami situasi yang disebut dengan high.

Hal ini bisa terjadi karena obat-obatan tersebut menargetkan sistem yang ada di otak yang menyebabkan dopamin meningkat. Kalau sudah begini, jangan heran kalau pecandu narkoba bisa sangat menggebu-gebu atau sangat bahagia.

narkoba

Karena itu, banyak selebriti yang menggunakan obat terlarang untuk tetap merasa bugar, aktif, dan mampu mengerjakan banyak hal sekaligus. Ini bisa terjadi akibat sistem di otak yang dirangsang obat terlarang.

Dijelaskan dalam Gateway Foundation, narkoba benar-benar mengubah kinerja otak dan menggangu kemampuan seseorang untuk membuat pilihan. Seiring waktu, perilaku ini akan berubah menjadi ketagihan yang sulit terkendali.

Salah satu efek samping dari kecanduan narkoba adalah kecanduan alkohol. Dua barang ini seperti pemberi kehidupan yang lebih baik, tapi faktanya keduanya membunuh tubuh Anda. Dan kalau sudah kecanduan narkoba, orang akan sulit lepas dari alkohol.

Kalau sudah begini, yang akan terjadi selanjutnya di dalam tubuh adalah muncul oenyakit hati, kejang-kejang, dan kalau terjadi pada ibu hamil, bayi akan lahir cacat.

Pada beberapa kasus, pencandu narkoba juga akan mengalami masalah dalam berperilaku. Efek buruk itu bisa dilihat dari pecandu narkoba akan mudah paranoid, emosi tidak terkontrol, halusinasi tinggi, ketergantungan yang sulit dihentikan, kehilangan kemampuan menilai, dan kehilangan kontrol diri.

Jika Anda ingin terbebas dari kondisi ini, saran yang diberikan ialah pantang alkohol selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun hingga Anda bisa kembali merasa stabil dalam berpikir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini