Tak Perlu Mesin Jahit, Begini Cara Buat Masker Kain ala Istri Ridwan Kamil

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 26 Juni 2020 13:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 26 194 2236757 tak-perlu-mesin-jahit-begini-cara-buat-masker-kain-ala-istri-ridwan-kamil-Efukr52AeK.jpg Atalia Praratya berbagi tips cara buat masker kain (Foto : @ridwankamil/Instagram)

Masker adalah salah satu barang yang paling dicari di saat wabah virus corona atau Covid-19. Alhasil, masker menjadi sangat langka di pasaran, kalaupun ada harganya terbilang mahal.

Hal ini menjadi permasalahan ketika seseorang tidak memiliki masker, padahal sedang sakit batuk atau flu, tetapi terpaksa harus keluar rumah. Seperti kita ketahui, masyarakat diimbau untuk menggunakan masker jika sedang sakit saat keluar rumah.

Sebagai solusi, akhirnya masyarakat mulai memproduksi masker sendiri. Tetapi beberapa dari mereka mengeluhkan karena tidak mempunyai mesin jahit.

Padahal itu bukan masalah lho. Jika Anda tidak memiliki mesin jahit tetapi ingin membuat masker kain sendiri, istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Atalia Praratya punya solusinya. Ia membuat masker tanpa dijahit!

Pertama-tama, siapkan bahan dan alat berikut ini:

- 2 ikat rambut elastis hitam

- 1 karet elastis

Baca Juga : Potret Gemas Eriska Alexander, Istri Young Lex Ubah Selimut Jadi Dress

Kemudian, perhatikan cara membuatnya:

1. Bentangkan saputangan dalam bentuk posisi mendatar, lipat menjadi empat bagian;

2. Masukkan ikat rambut dari sisi ujung kiri dan sisi ujung kanan kain;

3. Lipat ujung saputangan;

4. Masukkan ujung lipatan kain menjadi satu,

5. Untuk masker hijabers, kaitkan satu untai karet elastis pada ikat rambut dengan ikatan simpul yang kencang, sehingga antara ujung kiri dan ujung kanan menyatu;

6. Masker kain siap dipakai. Mudah bukan? Selamat mencoba di rumah!

(hel)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini