3 Cara Supaya Jamur Enoki Aman Dikonsumsi, Nomor 3 Dimasak Sangat Matang!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 26 Juni 2020 10:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 26 298 2236684 3-cara-supaya-jamur-enoki-aman-dikonsumsi-nomor-3-dimasak-sangat-matang-hRW8UMxkHy.jpg Jamur Enoki (Foto: Inst Mustopa Arifski)

Jamur Enoki asal Korea memicu kematian pada 4 orang dan 31 orang lainnya mesti jalani perawatan intesif. Wabah ini pun menjadi perhatian utama Kementerian Pertanian Indonesia saat ini.

Maka dari itu, Kementan mengeluarkan imbauan agar segera melakukan percepatan penghentian penyebaran jamur enoki asal Korea di pasaran. Hal ini dilakukan agar masyarakat Indonesia terlindungi dari bahaya jamur enoki yang mengandung bakteri listeria.

Larangan itu dikeluarkan setelah Badan Ketahanan Pangan mendapat informasi dari International Food Safety Authority Network (INFOSAN) yang merupakan jaringan otoritas keamanan pangan internasional di bawah FAO/WHO.

 jamur enoki

Melalui Indonesia Rapid Alert System for Food and Feed (INRASFF) nomor IN.DS.2020.09.02 tanggal 15 April 2020 terkait Kejadian Luar Biasa (KLB) pada Bulan Maret-April 2020 di Amerika Serikat, Kanada, dan Australia akibat mengkonsumsi jamur enoki asal Korea Selatan yang tercemar bakteri Listeria monocytogenes.

Terlepas dari itu, dalam laman Mayo Clinic diterangkan bahwa ada upaya preventif yang bisa dilakukan masyarakat agar jamur enoki bisa lebih aman dikonsumsi. Menjadi catatan, Anda mesti tahu betul bahwa jamur tersebut bukan berasal dari Korea, ya.

Nah, ada tiga cara yang bisa dilakukan supaya jamur enoki Anda aman dikonsumsi, berikut ulasannya khusus untuk Anda:

 

1. Jaga kebersihan

Cuci tangan Anda dengan air sabun hangat sebelum dan sesudah memegang atau menyiapkan makanan. Setelah memasak, gunakan air sabun yang panas untuk mencuci peralatan, talenan dan permukaan persiapan makanan lainnya.

2. Bersihkan sayuran dengan benar

Bersihkan sayuran mentah dengan sikat gosok atau sikat sayur di air mengalir. Kalau Anda tak memiliki sikat ini, pastikan saja sayur bersih dengan bantuan sabun khusus pencuci sayuran dan buah.

Baca juga: Potret Gemas Eriska Alexander, Istri Young Lex Ubah Selimut Jadi Dress

3. Masak sampai sangat matang

Gunakan termometer makanan untuk memastikan hidangan daging, unggas, telur, termasuk jamur enoki Anda dimasak dalam suhu yang aman. Perlu menjadi catatan, bakteri Listeria bisa tetap hidup dalam suhu beku, sehingga memasak dengan sangat matang meminimalisir transfer bakteri ke tubuh Anda.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini