Bikin Brownies Gagal Terus, Mungkin Ini 3 Penyebabnya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 26 Juni 2020 13:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 26 298 2236786 bikin-brownies-gagal-terus-mungkin-ini-3-penyebabnya-Yk9NWw3dKO.jpg Brownies. (Foto: Taste)

BROWNIES salah satu camilan favorit yang lagi tren. Namun saat pertama kali membuat kue cokelat ini mungkin hasilnya gagal, tapi tak tahu apa penyebabnya.

Sekalipun menyontek resep chef profesional tak sedikit dari kamu yang mengalami kegagalan saat membuat brownies. Ternyata ada beberapa penyebab yang harus kamu pelajari agar takj mengulang kesalahan untuk kedua kalinya.

Dilansir Okezone dari Bonappetit berikut ini tiga kesalahan yang paling sering dilakukan, hingga akhirnya brownies buatanmu gagal. Simak dan jangan diulangi lagi ya!

Menggunakan resep lama

brownies

Resep yang kamu pakai ternyata memengaruhi apa saja bahan yang dibutuhkan dan cara membuat brownies. Kebanyakan orang menggunakan resep yang sama saat membuat brownies. Misalnya sata kamu memilih membuat brownies mirip kue atau brownies fudgy.

Asosiasi editor makanan senior, Alison Roman, mengatakan, ada rahasia resep berbeda dari kedua kategori brownies tersebut. Jika ingin membuat brownies seperti kue maka kamu harus memperbanyak butter dan telur. Sementara itu carilah resep yang memiliki penggunaan lebih tinggi cokelat saat membuat brownies fudgy.

Menghanguskan cokelat dan telur

Saat membuat brownies, kamu perlu mencairkan coklat. Tapi jangan menggabungkan dengan telur, mentega dan gula karena ini berpotensi membakar cokelat. Ambillah telur dan mentega dari kulkas satu jam sebelum dimasak. Tentu, keduanya akan mudah digabungkan dan menjadi adonan yang halus daripada ketika dingin.

Memanggang dengan kualitas cokelat yang buruk

Alison menambahkan, brownies tidak memerlukan banyak bahan, jadi kamu harus benar-benar menggunakan bahan berkualitas. Hindari menggunakan bahan cokelat berkualitas yang lebih rendah untuk membuat brownies.

Lalu bagaimana dengan cokelat bubuk? Meskipun kamu dapat menggunakannya, sebuah dapur uji memperingatkan menggunakan bahan yang bersifat seperti tepung membuat adonan kue lebih kering dari cokelat padat. Sedangkan kebanyakan orang membuat brownies yang lengket.

Saffitz menjelaskan, coklat bubuk sulit meleleh saat dipanggang. Sebaliknya, gunakan coklat padat dengan potong-potongan besar itu akan mencair perlahan-lahan saat dipanggang. Gunakan 72 persen dark chocolate agar hasilnya enak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini