Candi Borobudur Resmi Dibuka, Wisatawan Jalankan Protokol Kesehatan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 27 Juni 2020 01:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 26 406 2236911 candi-borobudur-resmi-dibuka-wisatawan-jalankan-protokol-kesehatan-7pF4wpDvrq.jpg Candi Borobudur (Foto: Cahgemblung1)

Sejak Rabu 24 Juni 2020, Taman Wisata Candi Borobudur telah resmi dibuka kembali untuk umum. Meski pembukaan destinasi yang masuk dalam program super prioritas ini masih dalam tahap uji coba, para wisatawan dikabarkan menyambut baik regulasi serta protokol kesehatan yang diterapkan pihak pengelola.

"Responsnya dua hari ini cukup bagus, karena memang mungkin masyarakat sudah ingin berwisata," tutur Direktur Utama PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, & Ratu Boko, Edy Setijono, saat dihubungi Okezone belum lama ini.

 candi borobudur

Lebih lanjut Edy mengatakan, pada hari pertama pembukaan, wisatawan justru terlihat senang dan antusias menjalankan protokol-protokol kesehatan. Mereka melihat hal tersebut sebagai experience baru.

Mulai dari mengikuti proses pengecekan suhu, mencuci tangan, sampai melewati chamber antiseptik. Bahkan bukan di pintu masuk saja. Protokol kesehatan ini juga diterapkan di restoran, toilet, area pedagang, dan seluruh wahana yang ada di kawasan Candi Borobudur.

"Mereka jadikan itu sebagai experience baru. Jadi untuk saat ini responsnya sangat bagus. Dan jujur kami belum terlalu memikirkan target kunjungan. Yang terpenting wisatawan dapat beradaptasi dulu dengan tatanan new normal ini," kata Edy.

Baca juga: Potret Gemas Eriska Alexander, Istri Young Lex Ubah Selimut Jadi Dress

Saat ditanya seputar kemungkinan wisatawan asing atau mancanegara berkunjung ke Candi Borobudur, Edy menjelaskan bahwa pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah protokol khusus.

(DRM)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini