5 Cara Rawat Alas Kaki agar Terhindar dari Covid-19

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 26 Juni 2020 20:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 26 481 2237107 5-cara-rawat-alas-kaki-agar-terhindar-dari-covid-19-8icvAtt2gc.jpg Rawat alas kaki untuk kurangi risiko Covid-19 (Foto : Timesofindia)

Tak kalah berisikonya dengan pakaian, alas kaki juga berisiko terhadap penularan virus corona. Karena Anda akan menggunakannya setiap kali keluar rumah.

Membersihkan alas kaki sama pentingnya dengan mencuci tangan. Pasalnya alas kaki akan menemani Anda berjalan kemanapun tujuan Anda. Untuk itu, melansir Times of India, Jumat (26/6/2020), berikut cara menjaga kebersihan sepatu/sandal Anda.

Simpan alas kaki indoor dan outdoor secara terpisah

Alas Kaki

Pertama dan terpenting, miliki alas kaki dalam dan luar ruangan yang terpisah untuk menjaga rumah Anda aman dari virus. Dengan cara ini, ada sedikit kemungkinan alas kaki Anda mendisinfeksi rumah Anda.

Jika Anda tidak memiliki pilihan itu, cobalah untuk meletakkan alas kaki di pintu masuk rumah Anda, bukan di dalam.

Jangan sentuh alas kaki ketika melepasnya

Jangan menyentuh sepatu dengan tangan kosong saat melepasnya begitu Anda pulang dari luar. Anda dapat melepasnya atau menggunakan sarung tangan sekali pakai untuk melepas sepatu Anda.

Pastikan Anda mencuci kaki dan tangan setiap kali menyentuh sepatu atau keluar rumah. Rawat kaki Anda selama pandemi ini.

Perhatikan sol sepatu

Karena sol sepatu Anda bersentuhan langsung dengan kotoran di luar, Anda dapat menggunakan alas kaki di luar rumah dan membersihkan sepatu secara teratur untuk menghindari pengumpulan kotoran di sol.

Gosok sepatu pada keset dan baru kemudian masuk. Setelah Anda masuk, pergi ke kamar mandi untuk mencuci kaki dengan baik.

Baca Juga : Potret Gemas Eriska Alexander, Istri Young Lex Ubah Selimut Jadi Dress

Gunakan kain lama untuk menyeka sepatu

Anda bisa menyimpan kain lama di rak sepatu atau menggunakan handuk hangat untuk mendisinfeksi bagian luar alas kaki Anda. Ada tisu desinfektan yang tersedia dan Anda dapat menggunakannya dengan cara yang sama.

Meskipun demikian, jangan lupa untuk mengenakan sarung tangan saat Anda membersihkan sepatu atau pastikan Anda segera mencuci tangan setelah selesai membersihkan sepatu.

Biarkan sepatu Anda mengering

Pastikan Anda mengeringkan sepatu yang dicuci secara alami sehingga semprotan disinfektan dapat digunakan untuk sepatu Anda karena perlu waktu untuk mengendap.

Usap kain pada sepatu Anda setelah Anda memberi mereka beberapa menit agar udara kering jika Anda menggunakan semprotan desinfektan pada mereka.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini