Lomba Balap Bakiak Jadi Olahraga Nasional di China

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 26 Juni 2020 19:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 26 612 2236992 lomba-balap-bakiak-jadi-olahraga-tradisional-nasional-di-china-amIHG6dksD.jpg Lomba balap bakiak di China (Foto : Odditycentral)

Lomba bakiak mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Biasanya lomba bakiak diadakan untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh setiap 17 Agustus. Namun orang-orang Zhuang di Provinsi Gunaxi, China menjadikan lomba bakiak sebagai olahraga nasional mereka.

Seperti diketahui lombak bakiak biasanya dilakukan oleh tiga orang atau lebih dengan berjalan di atas papan kayu yang diberikan pengait untuk kaki. Para pemain harus kompak dalam melangkah supaya tidak terjatuh.

Melansir dari Oddity Central, Jumat (26/6/2020), di China, balap bakiak ini dapat ditelusuri sejak Dinasti Ming. Legenda mengatakan bahwa pahlawan wanita Xhuang yang terkenal menggunakan cara ini untuk melatih tentara untuk melawan invasi bajak laut.

Nyonya Wa yang legendaris menggunakan potongan kayu panjang untuk mengajari orang-orang berbaris bersama dalam sinkronisasi sempurna untiuk meningkatkan kualitas tempur dan semangat juang mereka dalam membantu mengusir penjajah.

Balap Bakiak

Sejak saat itulah olahraga tradisional ini telah diturunkan dari generasi ke generasi. Olahraga yang terlihat cukup aneh ini melibatkan tiga orang dalam satu tim yang berlari dengan papan kayu yang sama. Papan kayu tersebut memiliki panjang satu meter dengan lebar 9 cm dan tebal 3 cm.

Permainan ini memiliki koordinasi dan kekompakan tim yang sangat solid. Jika salah satu dari tiga orang mendorong terlalu keras maka akan jatuh ke belakang yang menyebabkan efek domino dalam tim.

Baca Juga : Cegah Covid-19, Dokter Reisa Minta Masyarakat Belajar dari Aceh dan NTT

Pada 2005 Komisi Urusan SIpil Nasional menyetujui rencana balap bakiak sebagai acara resmi dalam Permainan Olahraga Tradisional Minoritas Nasional tahunan. Olahraga ini dimainkan baik oleh pria dan wanita terutama oleh orang-orang Zhuang.

“Balap sepatu papan (balap bakiak) adalah olahraga tim yang sebenarnya dan koordinasi adalah persyaratan yang paling penting. Selain meningkatkan kebugaran fisik dan pelatihan kecepatan, olahraga ini lebih tentang pada meningkatkan kerjasama dalam anggota tim semaksimal mungkin,” tutur Pelatih Kepala Tim Balapan Bakiak, Liu Jianxin.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini