Kisah Pohon Ek Tua Misterius yang Dibelenggu Rantai Besi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 26 Juni 2020 23:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 26 612 2237058 kisah-pohon-ek-tua-misterius-yang-dibelenggu-rantai-besi-jowJISnQGJ.jpg Pohon ek tua misterius (Foto : Odditycentral)

Staffordshire di Inggris Tengah menjadi salah satu tempat yang memiliki daya tarik misterius dan cenderung menakutkan. Di tempat tersebut terdapat pohon ek tua dengan cabang-cabang yang dibelenggu dalam rantai besi berat (Chained Oak). Kabarnya pohon tersebut berkaitan dengan legenda masyarakat lokal yang menyeramkan.

Kisah Chained Oak yang ada di dekat Desa Alton adalah legenda paling terkenal di Staffordshire. Dikatakan bahwa suatu hari pada 1830-an, ketika Earl of Shrewsbury (Gelar Bangsawan) pulang ke rumahnya di perumahan Alton Towers, seorang wanita pengemis menghentikan kereta di tengah jalan dan bertanya apakah dia bisa meminta satu atau dua koin.

Sang bangsawan dengan kejam mengusirnya dan mendesak pengemudi untuk melanjutkan perjalanan. Menurut kisah, wanita itu diduga mengutuknya dengan kehilangan anggota keluarganya setiap kali sebuah cabang jatuh dari pohon ek yang megah di sisi jalan. Malam itu juga, badai muncul dan salah satu cabang pohon ek jatuh ke tanah.

Pohon Oak

Seperti yang disumpahkan wanita itu, seorang anggota keluarga bangsawan meninggal dalam kondisi misterius. Keluarga bangsawan yang takut akhirnya memutar otak untuk mencari akal supaya terhindar dari kutukan tersebut. Keesokan paginya, ia memerintahkan para pembantunya untuk mengikat rantai logam di sekitar cabang pohon ek agar tidak jatuh kembali.

Ada berbagai kisah tentang legenda ini. Menurut kisah yang lain, pengemis yang mengutuk adalah seorang pria dan bukanlah wanita. Sementara kepercayaan lain mengklaim bahwa Earl mengambil cabang pohon itu ke rumah miliknya untuk melakukan percobaan untuk memecahkan kutukan. Tetapi semua plot utamanya selalu sama.

"Saya percaya itu semua benar, karena ketika saya mengunjunginya tahun ini, Anda bisa tahu hanya dengan melihat rantai bahwa mereka hampir dua ratus tahun. Juga, ketika Anda naik Hex. Anda mungkin memperhatikan dalam antrian di dalam, mereka mengungkapkan klip video berdurasi 40 detik yang diambil kembali pada awal abad ke-19, untuk membuktikan bahwa earl benar-benar membuat rantai itu," cetus seseorang yang mengomentari pohon tersebut.

Pohon Oak

Senada dengan komentar netizen sebelumnya, seorang netizen lain mengaku saat melihat pohon tersebut terakhir kali, ia merasakan kehadiran aneh, gelap, tidak bersahabat di sekitar pohon. Ia merasakan seperti ada seseorang atau sesuatu di sana yang memperhatikannya dengan penuh marah, dan sesuatu yang tidak ingin ada orang yang mengunjungi pohon itu.

Baca Juga : Potret Agnez Mo Pergi ke Swalayan Bergaya Serba Hitam

Sebagian besar komentar pada artikel BBC 2008 menunjukkan bahwa legenda Alton Old Oak memiliki kebenaran. Mungkin ada hubungannya dengan fakta atau terdapat penjelasan lain yang masuk akal terhadap rantai besar yang melilit pohon tua tersebut.

Beberapa orang mengatakan bahwa rantai itu mungkin telah diletakkan oleh penduduk setempat untuk mencegah pohon itu roboh dengan sendirinya. Tetapi tidak ada yang tahu siapa atau kapan mereka melakukannya. Selain itu, tali mungkin akan menjadi solusi yang lebih sederhana, mengingat pada abad-abad lalu, rantai dikaitkan dengan pembatasan dan pemenjaraan.

Menurut Stoke Sentinel, rantai besar ditempa pada awal 1800-an dan memiliki waktu yang sama dengan legenda pohon tersebut. Selain itu ada tangga batu yang mengarah ke pohon, dengan hamparan tanah terbuka di sekitarnya. Ini adalah detail yang membuat sebagian orang percaya bahwa ada sesuatu tentang pohon ek tersebut.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini