Cek Fakta, Masker Melorot Picu Terpapar Covid-19?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 27 Juni 2020 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 27 481 2237370 cek-fakta-masker-melorot-picu-terpapar-covid-19-xY0Zp4WyiP.jpg Pakai masker (Foto: The Economic Times)

Penggunaan masker di tempat umum sudah jadi keharusan di new normal. Mereka yang tidak menggunakan masker akan diberi peringatan bahkan kalau di area transportasi umum, tidak diperkenankan menggunakan fasilitas tersebut.

Kesadaran menggunakan masker memang sudah tertanam di masyarakat kita saat ini. Ya, semua berkat pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari 3 bulan.

Tapi, apakah Anda sadar masih saja ada orang yang menggunakan masker melorot? Kondisi seperti ini terjadi karena seseorang tak memakai masker yang ukurannya pas atau memang orang tersebut tidak memasang masker dengan tepat. Asal ada di nempel muka saja.

 pakai masker

Tahukah Anda kalau masker melorot ini memperbesar risiko terpapar maupun menyebarkan Covid-19. Hal ini karena hidung Anda tidak terlindung dengan baik dan karena itu droplet yang ada di ruangan umum bisa masuk begitu saja.

Apalagi kejadiannya di pasar yang merupakan salah satu klaster penyebaran Covid-19 yang cukup masif. Misalnya si pedagang itu ngomong tapi maskernya turun-turun.

Baca juga: Gowes Sepeda Mendadak Populer, Pesepeda: Makin Banyak Orang Sadar Berolahraga

"Ya, bisa saja ada droplet yang menempel dan tidak sengaja masukan ke tubuh lewat hidung atau mata," kata Anggota Junior Doctor Network (JDN) dr Sarah Shyma, di Konferensi Pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (27/6/2020).

Dia meminta agar setiap pembeli atau pedagang di pasar menggunakan masker yang benar-benar pas di wajah. Cara pakai mesti benar, jangan lupakan juga cara melepaskannya. "Ingat, sebelum dan sesudah pakai masker wajib cuci tangan dengan sabun," terangnya.

Virus SARS-CoV2 menyebar melalui droplet. Di Indonesia sendiri kasusnya paling banyak akibat transmisi antarorang. Bisa menginfeksi akibat tangan Anda yang kotor memegang hidung, mata, atau lewat sesuatu yang masuk ke dalam mulut.

Oleh karena itu, kesadaran untuk menjaga kesehatan dan kebersihan harus semakin ditingkatkan. Protokol kesehatan mesti dijalani secara disiplin, terutama di tempat umum yang memang memiliki risiko paparan Covid-19 tinggi seperti pasar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini