BKKBN Gandeng Bidan Beri Layanan KB Door to Door di Masa Pandemi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 12:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 29 196 2238068 bkkbn-gandeng-bidan-beri-layanan-kb-door-to-door-di-masa-pandemi-covid-19-c1M2GQvwtv.JPG Layanan KB di masa pandemi Covid-19 (Foto : Leo/Okezone)

Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak terhadap kesehatan manusia, tapi berimbas pada penurunan jumlah peserta KB aktif maupun peserta KB baru yang ingin mendapatkan pelayanan keluarga berencana melalui fasilitas kesehatan.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dr Hasto Wardoyo mengatakan saat ini memang telah terjadi penurunan peserta KB di tengah pandemi. Karenanya, kondisi yang tidak normal saat ini harus disikapi dengan cara yang luar biasa.

“Jadi penurunan dari waktu ke waktu kita pantau terus, dari provinsi ke provinsi juga dari jenis akseptor ke jenis akseptor. Ada tujuh layanan yang biasanya kita lakukan. Mulai dari yang sederhana kondom, pil, suntik, IUD, implan atau susuk, MOW dan MOP,” terang Hasto, dalam sesi jumpa wartawan dalam acara Hari Keluarga Nasional (Harganas), Senin (29/6/2020).

Layanan KB

Baca Juga : Hari Keluarga Nasional, BKKBN Targetkan Layanan KB Sejuta Akseptor

Hasto mengatakan penurunan penggunaan alat kontrasepsi ini semuanya berbeda-beda dan bervariasi. Namun kalau di pukul rata penurunan terjadi di antara Maret ke April bisa dan besarannya bisa mencapai 10 persen.

“Penurunan 10 persen ini harus disikapi dengan cepat maka BKKBN sejak Maret sudah menggandeng bidan. Kita ajak untuk memberikan pelayanan door to door di beberapa wilayah agar kegiatan bisa bekerjasama dengan mitra-mitra,” lanjutnya.

Selain itu ada pula mitra yang melakukan kegiatan sosial seperti pembagian sembako kemudian bekerjasama dengan BKKBN. Selain pembagian sembako juga ada pembagian pil maupun kondom. Selain itu BKKBN juga menggerakan penyuluh-penyuluh KB-nya, supaya mereka dapat membawa alat dan kontrasepsi di masa pandemi ini.

(hel)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini