Rayakan Harganas ke-27, BKKBN Imbau Keluarga Terapkan 8 Fungsi Keluarga

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 16:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 29 196 2238251 rayakan-harganas-ke-27-bkkbn-imbau-keluarga-terapkan-8-fungsi-keluarga-6Ylz1g3T25.jpg Memperingati Hari Kelurga Nasional (Foto: Leonardus?

Hari Keluarga Nasional (Harganas) jatuh setiap 29 Juni. Namun berbeda dengan tahun sebelumnya, pada Harganas ke-27 di 2020, diperingati di tengah situasi pandemi virus corona Covid-19. Sehingga memberikan suasana yang berbeda.

Sebagai elemen penting dalam masyarakat, keluarga menjadi objek dan subjek yang menentukan arah bangsa Indonesia. Kondisi psikologis keluarga dalam menghadapi dampak pandemi menjadi salah satu faktor penting.

keluarga

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dr Hasto Wardoyo mengatakan kondisi psikologis keluarga sangat menentukan dalam mengatasi dinamika permasalahan yang terjadi. Sehingga dapat dikatakan bahwa ketahanan keluarga diuji di tengah masa pandemi.

“Keluarga harus mampu menerapkan delapan fungsi keluarga yang semuanya dapat tercakup ke dalam perinsip asah, asih dan asuh demi mewujudkan ketahanan keluarga,” terang Hasto dalam sesi jumpa wartawan dalam acara Hari Keluarga Nasional (Harganas), Senin (29/6/2020).

Ia menambahkan bahwa keluarga harus memiliki perinsip asah yakni mengasah kemampuan sosialisasi, menerapkan nilai agama dan juga kepekaan lingkungan. Sementara perinsip asih yakni fungsi cinta kasih dan reproduksi. Terakhir adalah asuh yang berfungsi ekonomi dan perlindungan.

“Sehingga dapat menciptakan keluarga berkualitas dengan ukuran tiga dimensi keluarga berkualitas yakni tentram, mandiri dan bahagia,” pungkasnya.

(DRM)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini