Enaknya Menikmati Ketenangan Sunset di Candi Ratu Boko

Dada Sathilla, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 11:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 29 406 2238025 enaknya-menikmati-ketenangan-sunset-di-candi-ratu-boko-x4tBwqd3Yd.jpg Candi Ratu Boko (Foto: Inst Jogjatransfortuna)

Menikmati sunset dari tepi pantai atau puncak bukit bisa dibilang terlalu biasa. Tapi bagaimana dengan melihat sunset dari sebuah candi? Pastinya unik dan memorable.

Kamu bisa mendapatkan pengalaman unik ini di situs bersejarah Candi Ratu Boko di Yogyakarta. Candi ini berada di Prambanan, Sleman, Yogyakarta dan telah lama dikenal sebagai tempat paling pas untuk menikmati sunset di Yogyakarta.

Banyak pengunjung yang kesini saat sore hari demi mendapatkan foto siluet berlatar langit yang berwarna oranye. Tapi, selain karena lokasinya yang tepat untuk melihat sunset, Candi Ratu Boko juga sangat berharga untuk dikunjungi karena nilai sejarahnya.

 Candi Ratu Boko

Uniknya, meski disebut sebagai candi, sebenarnya Candi Ratu Boko bukanlah tempat ibadah umat Hindu atau Buddha di masa lampau, melainkan sisa dari keraton atau istana.

Menurut prasasti Abhayagiri Wihara, Raja Mataram bernama Rakai Panangkaran mundur sebagai Raja Mataram kemudian membangun Candi Ratu Boko karena ia membutuhkan ketenangan. Sementara itu, legenda Loro Jonggrang menghubungkan Ratu Boko sebagai tempat kediaman Raja Boko, ayah Loro Jonggrang.

Sisa-sisa bangunan keraton pun masih bisa dilihat di komplek Candi Ratu Boko. Di antaranya gerbang luar (berjumlah 3) dan gerbang utama (berjumlah 5). Gerbang utama inilah yang paling sering dijadikan spot foto berlatar sunset.

Selain itu, kamu juga bisa melihat sisa dari candi batu putih, candi pembakaran, pendopo, beberapa candi kecil, keputren, serta 2 gua yang dulu digunakan sebagai tempat bertapa. Ada juga beberapa arca baik Hindu dan Buddha, yaitu arca Dyani Buddha, Durga, Yoni, dan Ganesha.

 Baca juga: Virus Corona Mampu Bertahan 20 Tahun dalam Minus 20 Derajat

Siapkan waktu minimal 1 jam untuk menikmati suasana di Candi Ratu Boko. Tak cuma sunset dan sisa situs bersejarah, dari ketinggian 200 mdpl kamu juga bisa memandangi Candi Prambanan yang berjarak 3 km di utara dan pemandangan alam Yogyakarta. Untuk mengunjungi Candi Ratu Boko tiketnya Rp25.00 per orang.

(DRM)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini