Cegah Penyebaran Covid-19, Begini Cara Melepas dan Membuang Masker yang Benar

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 08:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 29 481 2237940 cegah-penyebaran-covid-19-begini-cara-melepas-dan-membuang-masker-yang-benar-nGApqB1gWY.jpg Lepas dan buang masker dengan benar cegah penyebaran Covid-19 (Foto : Medicalnewstoday)

Memakai masker ketika keluar rumah menjadi satu hal yang wajib di masa pandemi Covid-19. Hal ini sebagai langkah upaya pencegahan penularan Covid-19.

Namun, tidak hanya soal memakai masker, cara melepas dan membuangnya pun tidak boleh sembarangan. Tahukah Anda jika masker dibuang secara sembarang Anda dapat menularkan virus ke orang lain?

Untuk itu, diperlukan prosedur cara melepas dan membuang masker yang benar. Mengutip akun Instagram resmi Kementerian Kesehatan RI, berikut 4 langkah membuang dan melepas masker yang benar.

1. Buka Masker

Melepas Masker

Pastikan Anda tidak memegang bagian depan masker. Tetapi dengan melepas bagian kaitan belakang masker.

Baca Juga : Cara Pakai Masker yang Benar, Pertama Jangan Lupa Cuci Tangan

2. Ganti Masker

Gantilah masker dengan segera jika terdapat kerusakan, kotor, atau basah.

3. Buang Masker

Buanglah masker dengan benar ke tempat sampah. Jangan buang sembarangan yang dapat berisiko menularkan virus ke orang lain ya.

4. Cuci Tangan

Setelah membuang masker, cuci tangan Anda dengan air mengalir. Selain itu, jangan lupa gunakan sabun atau antiseptik guna menyingkirkan bakteri yang menempel di tangan Anda.

(hel)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini