Bahaya Penggunaan Masker Medis untuk Pesepeda

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 17:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 29 481 2238270 bahaya-penggunaan-masker-medis-untuk-pesepeda-P9qiUIcPvj.jpg Ilustrasi. (Freepik)

BERSEPEDA merupakan salah satu olahraga yang digemari banyak orang di berbagai kalangan usia. Mulai dari anak-anak hingga orangtua, mereka mengatakan bahwa bersepeda adalah hal yang menyenangkan.

Terlepas dari adanya virus corona, kegiatan bersepeda justru meningkat di Jakarta. Di Jakarta dan beberapa daerah lainnya, bersepeda menjadi olahraga terpopuler di tengah pandemi Covid-19.

masker sepeda

Baca Juga: Alasan Beli Sepeda Lipat, Mudah Dibawa ke Mana-Mana

Namun, ada hal yang harus diperhatikan ketika bersepeda guna menghindari persebaran Covid-19. Salah satunya adalah dengan mengenakan masker.

Apakah semua jenis masker dapat digunakan untuk bersepeda? Menanggapi hal tersebut, Dokter Spesialis Paru Agus Dwi Susanto mengatakan, jenis masker yang aman digunakan untuk bersepeda adalah masker kain.

Sementara itu, jenis masker medis atau N95 tidak direkomendasikan untuk bersepeda, karena filter pada masker tersebut lebih tebal sehingga udara lebih sulit masuk. Masker medis atau N95 hanya direkomendasikan untuk para tenaga medis di rumah sakit karena risiko penularannya lebih tinggi.

"Kalau mau bersepeda, gunakan masker kain, itu pun yang longgar. Jangan mengenakan masker kain yang sempit agar tetap leluasa bernapas," ujar Agus.

Selain itu, lanjut Agus, bersepedalah dengan intensitas ringan hingga sedang. Jangan terpacu oleh kecepatan yang pada akhirnya meningkatkan detak jantung.

"Di masa pandemi ini, tujuan kita berolahraga kan supaya tetap bugar agar tidak mudah terserang penyakit. Jika tubuh ingin bugar berolahragalah dengan intensitas rendah hingga sedang. Karena saat ini kita olahraga pakai masker, jadi ya bersepeda santai saja supaya ritme bernapasnya normal," pungkasnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini