Anak Alergi Susu Sapi, Simak Tandanya Berikut!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 17:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 29 481 2238274 anak-alergi-susu-sapi-simak-tandanya-berikut-wZFXsMx11F.jpg Anak alergi susu (Foto: Tribune India)

Konsultan Alergi dan Imunologi Anak, Prof. Dr. dr. Budi Setiabudiawan SpA(k), M.Kes mengatakan, alergi susu sapi merupakan salah satu jenis alergi yang paling banyak dialami anak-anak. Tanda-tanda yang muncul akibat anak alergi susu sapi biasanya ada beberapa.

Tanda-tanda anak alergi susu sapi antara lain kulitnya mengalami ruam-ruam merah, sistem pernapasan seperti batuk dan bersin yang berulang, atau sistem pencernaan misalnya sakit perut yang membuat anak menjadi rewel.

Alergi susu sapi pada anak diakibatkan oleh respon sistem imun yang tidak normal terhadap protein susu sapi (whey dan kasein).

 susu sapi

"Jika anak mengalami gejala ini, maka hal ini perlu menjadi perhatian karena susu adalah salah satu sumber protein yang dibutuhkan anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal," kata Prof Budi, Senin (29/6/2020).

Baca juga: Virus Corona Mampu Bertahan 20 Tahun dalam Minus 20 Derajat

“Di sini, peran orang tua khususnya ibu sangat penting untuk menangani kondisi anak yang alergi sapi, termasuk pemberian nutrisi alternatif yang tepat,” pungkas Prof Budi.

(DRM)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini