Penderita Diabetes, Ini Daftar Buah yang Sebaiknya Dikonsumsi dan Dihindari

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 30 Juni 2020 03:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 29 481 2238294 penderita-diabetes-ini-daftar-buah-yang-sebaiknya-dikonsumsi-dan-dihindari-CEcvgazAiH.jpg Stroberi untuk kesehatan (Foto: Picture Alliance)

Setiap buah memiliki jumlah antioksidan dan nutrisi yang berbeda. Meskipun mengonsumsi buah-buahan baik untuk kesehatan, namun tidak semua buah bisa dianggap sama oleh penderita diabetes.

Dalam kasus orang dengan diabetes, buah-buahan tertentu dapat menyebabkan perubahan kadar gula darah yang berbeda dalam tubuh. Agar tetap aman, sebagian besar disarankan untuk menghindari beberapa buah yang dapat meningkatkan kadar gula darah.

Hal ini dilakukan karena setiap buah memiliki indeks glikemik (GI) yang berbeda. Indeks glikemik adalah satuan untuk mengukur makanan yang mengandung karbohidrat yang meningkatkan kada gula darah.

Makanan dengan nilai indeks glikemik tinggi cenderung meningkatkan gula darah Anda lebih cepat daripada makanan dengan nilai glikemik lebih rendah.

Melansir Boldsky, Senin (26/6/2020), berikut daftar buah-buahan yang baik dikonsumsi, maupun yang harus dihindari oleh para penderita diabetes. Buah yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes di antaranya.

 Buah anggur

1. Anggur

Anggur kaya akan vitamin C, memiliki indeks glikemik 25 dan memiliki jumlah serat larut yang tinggi. Makanlah sekitar setengah porsi anggur setiap hari untuk mengendalikan kadar gula darah Anda.

2. Stroberi

Stroberi memiliki indeks glikemik 41 dan rendah karbohidrat. Konsumsi sekitar ¾ cangkir stroberi setiap hari dapat bermanfaat bagi penderita diabetes.

3. Jeruk

Ambil jeruk setiap hari untuk mengendalikan diabetes Anda. Buah ini memiliki indeks glikemik 44.

4. Cherry

Dengan indeks glikemik rendah 22, kaya akan vitamin C, antioksidan, magnesium dan serat, ceri sangat bermanfaat bagi diabetes. Mengkonsumsi 1 cangkir ceri dalam sehari bisa sangat membantu menjaga diabetes tetap terkontrol.

Baca juga: Diet Turunkan Berat Badan? Begini 4 Cara Kurangi Porsi Makan

5. Apel

Buah ini memiliki indeks glikemik rendah yakni 38 dan mengonsumsi apel setiap hari dapat membantu Anda mengendalikan diabetes.

 6. Pir

Pir dianggap sangat bermanfaat bagi diabetes karena membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan memiliki tingkat glikemik 38 yang rendah.

7. Plum

Karena banyak pasien diabetes menderita sembelit, ini membantu meningkatkan sistem pencernaan dan menyembuhkan sembelit. Ini memiliki indeks glikemik yang sangat rendah yaitu 24.

8. Alpukat

Alpukat juga membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat dalam tubuh. Ini memiliki indeks glikemik 15 yang sangat rendah.

Sedangkan buah-buahan yang memiliki kadar indeks glikemik tinggi harus dihindari para penderita diabetes, antara lain sebagai berikut:

1. Mangga

2. Aprikot kering

3. Nanas

4. Srikaya

5. Semangka

6. Pepaya

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini