Jangan Sampai Lupa, Ini 9 Langkah Cuci Tangan yang Benar

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 30 Juni 2020 07:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 29 481 2238363 jangan-sampai-lupa-ini-9-langkah-cuci-tangan-yang-benar-e8ErKsRzc0.jpg Jangan sampai lupa langkah cuci tangan yang benar (Foto : Nbcnews)

Mencegah penularan Covid-19 tidak hanya dengan memakai masker ketika keluar rumah. Langkah pencegahan lain yang tak kalah penting adalah mencuci tangan.

Bahkan mencuci tangan menjadi salah satu bagian protokol kesehatan di era new normal. Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun telah mengimbau masyarakat untuk mencuci tangan minimal 20 detik, dilakukan dengan penggunaan sabun dan dibilas di bawah air mengalir.

Mencuci tangan yang benar harus dilakukan saat sesudah/sebelum makan, sebelum/setelah memegang anak, setelah memegang benda, setelah kontak fisik dengan orang lain, setelah buang air besar atau buang air kecil di toilet, dan sebagainya.

Cuci Tangan

Tapi, yang sering terlupakan adalah tidak hanya mencuci tangan selama 20 detik, tapi juga bagian-bagian yang harus dibilas.

Baca Juga : Masyarakat Makin Disiplin, Dokter Reisa Sebut Zona Hijau Bertambah

Anda harus tahu cara mencuci tangan yang benar dan sudah sering diajarkan. Simak ulasan berikut ini, seperti dilansir dari situs WHO.

1. Basahi telapak tangan

2. Tuang sabun ke tangan/ pakai cairan desinfektan

3. Gosok kedua telapak tangan

4. Gosok punggung tangan kanan dan sela jari

5. Gosok sela-sela jari Genggam jempol kiri dengan telapak tangan tangan kiri dan kanan|dengan telapak kanan Kaitkan jari

6. Gosok telapak tangan secara meutar

7. Bilas kedua tangan di bawah air mengalir

8. Keringkan tangan dengan kain bersih atau tisu kering

9. Gunakan lap atau tisu untuk menutup kran air

Ingat ya, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir lebih ampuh membunuh virus corona dibandingkan dengan menggunakan hand sanitizer.

(hel)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini