Mencegah Alergi pada Anak Bisa Dilakukan Sejak dalam Kandungan Loh

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 22:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 29 481 2238460 mencegah-alergi-pada-anak-bisa-dilakukan-sejak-dalam-kandungan-loh-FcAarS7XD4.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ANAK-ANAK menjadi salah satu golongan usia yang paling rentan mengalami alergi pada masa pertumbuhan. Namun apakah alergi pada anak bisa dicegah oleh para orangtua sejak dini?

Konsultan Alergi dan Imunologi Anak, Prof. Dr. dr. Budi Setiabudiawan SpA(k), M.Kes. mengatakan bahwa alergi tersebut bisa dicegah. Hal ini dilakukan terutama pada anak yang memiliki risiko alergi, berdasarkan riwayat alergi dalam keluarga.

“Bisa dilakukan sejak masa kehamilan. Jadi para bunda yang hamil bisa mulai melakukannya,” terang Prof Budi, dalam Webinar SGM Eksplor Advance Ajak Para Bunda Tanggap Alergi di Masa Pandemi, Senin (29/6/2020).

anak alergi

Prof Budi mengatakan, selama hamil seorang ibu boleh mengonsumsi apa saja, selama tidak alergi sama sekali. Selain itu ibu hamil bisa melakukan pencegahan dengan menghindari diri dari perokok atau paparan asap rokok.

“Pada waktu persalinan secara normal jangan seksio (caesar). Pasalnya metode seksio membuat anak lebih rentan alergi. Setelah lahir anak berikan air susu ibu (ASI). Selama mendapatkan ASI hindari paparan asap rokok,” lanjutnya.

Memang,alergi dalam tubuh manusia tidak dapat disembuhkan. Alhasil cara satu-satunya untuk terbebas dari alergi adalah dengan cara menghindarinya. Apalagi, jika alergi tersebut adalah bawaan genetik.

Contohnya, apabila seseorang mengalami alergi terhadap debu, maka solusinya bisa dengan menghindari paparan debu. Tujuannya supaya alergi tersebut tidak kambuh.

Tapi, seiring bertambahnya usia sang anak, maka kekebalan tubuhnya pun akan semakin meningkat. Hal ini memungkinkan sang anak lebih tahan terhadap alergi yang dimilikinya. Selain itu, rajin juga diklaim mampu meningkatkan resistensi terhadap alergi.

Apabila si kecil sudah bisa mendapatkan makanan tambahan, ada baiknya orangtua memperkenalkan anaknya dengan berbagai makanan. Perhatikan makanannya dengan konsisten dan sesuaikan dengan umur.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini