Jenis-Jenis Asuransi untuk Proteksi Diri

Agustina Wulandari , Jurnalis · Selasa 30 Juni 2020 06:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 30 12 2238566 jenis-jenis-asuransi-untuk-proteksi-diri-JtmOqwkvYj.jpg Foto : Freepik

Memasuki era new normal atau era kenormalan baru, kesadaran masyarakat terhadap kebutuhan akan proteksi diri atau asuransi diprediksi akan mengalami peningkatan.

Asuransi yang berarti jaminan atau perlindungan, secara hukum dapat didefinisikan sebagai suatu perikatan antara dua pihak, yaitu penanggung atau perusahaan asuransi, dan tertanggung, yaitu individu atau badan usaha.

Manfaat asuransi didapatkan dari adanya mengikatkan diri perusahaan asuransi untuk memberikan ganti rugi kepada tertanggung, bila terjadi peristiwa atau musibah yang dijamin dalam polis.

Tertanggung membayar sejumlah uang kepada penanggung sebagai imbal jasa atas pengalihan risiko dari tertanggung kepada penanggung. Berikut beberapa jenis asuransi :

1. Asuransi Jiwa

Dewasa ini asuransi jiwa adalah sebuah kewajiban. Ini karena asuransi memastikan keamanan situasi finansial kamu dan keluarga akan terlindungi dari segala kemungkinan. Sehingga ketika terjadi masalah pada pencari nafkah keluarga atau tertanggung, akan ada uang penanggungan yang bisa diterima oleh ahli warisnya.

Hal tersebut berarti jika tertanggung meninggal dunia pada masa pertanggungan, maka pihak asuransi akan membayarkan uang pertanggungannya. Jadi keluarga yang ditinggalkan bisa tetap terpenuhi kebutuhan hidupnya.

2. Asuransi Kesehatan

Masyarakat Indonesia kini sudah sadar akan kondisi kesehatan yang terkadang tidak bisa diprediksi. Memiliki asuransi kesehatan, tentunya dapat mengatasi kecemasan dan pengeluaran mendadak akibat jatuh sakit. Dengan adanya Asuransi Kesehatan , saat sakit yang diderita masuk dalam tanggungan, maka pembiayaannya akan terbantu oleh asuransi.

3. Asuransi Pendidikan

Biaya pendidikan dari tahun ke tahun tentunya akan terus meningkat. Jika tidak dipersiapkan sedini mungkin, bisa-bisa saat anak masuk kuliah, kamu akan kesulitan membayarnya. Dengan mengikuti asuransi pendidikan, maka tidak usah kuatir dengan biaya pendidikan putra-putri Anda nantinya. Biaya kuliah misalnya, sudah dipersiapkan sejak anak baru duduk di sekolah dasar. Tentunya buah hati Anda bisa memiliki pendidikan yang sesuai.

Ditambah lagi, asurasi pendidikan ini juga menyediakan modal usaha. Saat ini sudah ada asuransi yang juga bisa menyediakan modal tambahan usaha untuk anak. Jadi selain biaya pendidikan terjamin, modal usaha pun sudah dipersiapkan sejak awal.

4. Asuransi Perjalanan

Mungkin Anda salah satu orang yang jarang sekali memikirkan betapa pentingnya asuransi perjalanan. Padahal dengan asuransi ini, Anda bisa terlindung dari berbagai risiko yang terjadi di saat tengah liburan atau tugas kantor ke luar kota.

Asuransi Perjalanan sedikit berbeda dengan asuransi kecelakaan. Jika Anda membeli asuransi perjalanan, artinya Anda sudah terproteksi juga dengan asuransi kecelakaan.

Namun, sebaliknya jika Anda membeli asuransi kecelakaan belum tentu terproteksi terhadap kejadian yang berkaitan dengan perjalanan itu sendiri.

Jadi, jika Anda sudah memiliki asuransi kecelakaan bukan berarti Anda bisa melakukan klaim saat bagasi Anda hilang. Tetapi, jika Anda mengalami kecelakaan saat melakukan perjalanan, Anda bisa mengajukan klaim menggunakan asuransi perjalanan

5. Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan adalah jenis asuransi khusus kendaraan, di mana risiko yang kemungkinan terjadi pada kendaraan dialihkan kepada perusahaan asuransi. Dalam pemilihan asuransi kendaraan hal-hal yang perhatikan adalah kekuatan keuangan, jasa dan biaya atau beban.

Nah, kamu kini sudah tahu kan jenis asuransi. Segala jenis asuransi ini sudah menjadi alternatif investasi yang cukup baik dan meminimalisir risiko atas kejadian tak terduga sebelumnya. Kini, kamu dapat mengajukan Asuransi Online diTokopedia. Kamu dapat mengajukan asuransi yang Kamu inginkan dengan mudah dan terpercaya. Hanya dengan memasukkan data yang dibutuhkan, kamu akan mendapatkan asuransi yang kamu inginkan. Ajukan asuransi di Tokopedia, sekarang!

CM

(yao)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini