Tips agar Cucian Cepat Kering dan Tidak Apek

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 01 Juli 2020 06:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 30 194 2239010 tips-agar-cucian-cepat-kering-dan-tidak-apek-BMOWAJvqiN.jpg Mencuci baju (Foto: Good House Keeping)

Saat cuaca mendung atau musim penghujan, kadang kala seseorang akan mengalami kesulitan ketika hendak mengeringkan pakaian. Pakaian yang tak kunjung kering berpotensi menimbulkan jamur dan bau yang tidak sedap alias apek.

Meski demikian, masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat pakaian Anda cepat kering dan tidak berbau apek ketika sudah dicuci. Melansir dari Asia One, Selasa (30/6/2020), berikut ulasannya.

mencuci baju

1.Tambahkan soda kue ke cucian Anda untuk pewangi alami

Soda kue menambah kekuatan ekstra untuk mencuci Anda karena alkalinitasnya yang ringan. Ini dapat membantu menghilangkan bau apek dan memastikan pakaian Anda benar-benar bersih.

Tambahkan 1/2 cangkir soda kue ke cucian Anda. Anda dapat merendam pakaian terlebih dahulu dalam larutan soda kue sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci, jika benar-benar berbau.

Baca juga: Cek Fakta, Sabun yang Diencerkan Air Tak Efektif Bunuh Covid-19?

2. Pastikan mesin tak terlalu padat

Musim hujan membatasi jumlah ruang yang bisa digunakan untuk mengeringkan pakaian. Jadi pastikan rak pengeringan tidak terlalu padat. Cara ini lebih efisien dan ramah terhadap lingkungan. Anda bisa melakukan hal ini ketimbang harus mencuci beban yang sama beberapa kali untuk menghilangkan bau apek.

3. Pastikan pakaian dipisahkan dengan benar dalam pengering

Cucian yang menempel adalah alasan utama yang membuat penggunaan pengering menjadi tidak efisien. Kondisi menyebabkan pakaian melekat bersama, sehingga udara panas tidak mencapai area-area tersebut.

Pastikan bahwa Anda tidak mengeringkan barang-barang yang terlalu besar bersama dengan pakaian Anda, seperti selimut.

4. Bersihkan mesin cuci dan pengering

Kadang-kadang cucian apek disebabkan oleh mesin cuci atau pengering yang tidak bekerja secara efisien. Pastikan mesin cuci Anda bersih dengan membersihkan dispenser deterjen, menyeka gasket pintu, dan membersihkan drum.

Anda dapat melakukan ini dengan menambahkan dua cangkir cuka putih ke dalam mesin cuci dan menjalankan mesin pada suhu terpanas. Setelah itu, bersihkan bagian dalam bersih dengan kain kering.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini