Sederet Tips untuk Calon Mahasiswa yang Ingin Masuk PTN

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 30 Juni 2020 13:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 30 196 2238703 sederet-tips-untuk-calon-mahasiswa-yang-ingin-masuk-ptn-ij4yLjFtpA.jpg Ilustrasi. (Freepik)

DI tengah pandemi Covid-19 calon mahasiswa baru akan memperebutkan kursi Perguruan Tinggi Negeri lewat UTBK SBMPTN 2020. Banyak persiapan yang tentunya harus dihadapi peserta ujian agar lolos tes, meski dalam situasi seperti sekarang.

Tekanan untuk ujian tahun ini terbilang unik, sebab peserta didik hanya memiliki satu kesempatan tes saja. Para pendaftar harus melakukan persiapan maksimal dengan strategi belajar yang tepat.

Alumni mahasiswa yang tergabung dalam goKampus pun membeberkan tips ampuh bagi para calon mahasiswa baru yang akan menghadapi tes masuk PTN. Berikut ulasannya yang ditulis Okezone, Selasa (30/6/2020.

Rutin latihan bank soal

ujian

Mahasiswi UI angkatan 2015 Zanira Fachri menyarankan kepada para peserta tes agar sering-sering latihan menjawab soal. Ulik soal dari tahun terlama sampai yang terbaru.

“Cari juga referensi dari sumber lain, jangan mengandalkan satu atau dua sumber aja karena pasti akan ada yang beda. Diskusi juga sama temen yang beda sekolah, kembali lagi untuk menambah referensi. Walaupun perbedaannya sedikit, ilmunya akan tetap berguna sekali," katanya.

Di periode ini, tambah Zanira, calon mahasiswa disarankan untuk fokus belajar dan mengurangi porsi kegiatan lainnya. Seperti bermain game dan menonton film.

“Jauhkan dulu rasa malas yang hanya bisa memberikan kenyamanan sementara dan sisanya penyesalan," tambah Zanira.

Memastikan kondisi fit saat ujian

Mahasiswa IPB angkatan 2015 Rachmah Pristiana juga mengingatkan peserta didik untuk menjaga kondisi badan.

“Jangan begadang di hari-hari sebelumnya agar fisik saat mengerjakan tes bisa fokus dan tidak drop,” ujarnya.

Peserta juga sebaiknya tiba di lokasi ujian minimal satu jam sebelum tes.

“Jangan sampai kita terlalu panik atau terlalu lelah saat mengerjakan ujian. Dan yang terpenting, adalah selalu berdoa,” jelas Rachmah.

Siapkan rencana lain

mahasiswa

Faktanya, hanya 23% dari jumlah total peserta terdaftar ujian yang akan diterima ke PTN yang dipilih. Hal ini tidak semerta menandakan bahwa 77% peserta tidak layak dalam pilihannya, namun memang adanya keterbatasan kuota penerimaan dalam universitas negeri.

Dijelaskan CEO goKampus Nathanael Santoso, dalam beberapa tahun terakhir, kualitas PTS berhasil naik daun dan menghasilkan banyak lulusan berkualitas internasional. Hal ini didukung oleh Webometrics Ranking of World Universities 2020, PTS menempati 40 persen kursi di 100 perguruan tinggi terbaik Indonesia.

"Ini bisa menjadi solusi alternatif bagi siswa yang ingin terus menimba ilmu di bangku kuliah tanpa ketinggalan waktu belajar dari teman-temannya," pungkasnya.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini