Menjajal Pulot Ijo, Kuliner Legandaris Khas Aceh

Jamaluddin, Jurnalis · Rabu 01 Juli 2020 02:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 30 298 2239076 menjajal-pulot-ijo-kuliner-legandaris-khas-aceh-6WxPrj4oGL.jpg Pulot Ijo. (Foto: Twitter/@Aceh)

SETIAP daerah di Indonesia memang memiliki keunikkan tersendiri, termasuk Aceh. Banyak tempat wisata religi serta banyak wisata alam yang menarik untuk dikunjungi oleh Anda di Serambi Mekkah.

Nah, jika Anda kebetulan berkunjung ke tanah Rencong Aceh, jangan lupa menikmati kuliner yang satu ini, yaitu Pulot Ijo yang lezat. Jalan jalan ke Aceh jangan lupa nikmati kuliner satu ini, inilah Pulot Ijo yang gurih dan lezat.

Berburu kuliner tradisional di Aceh memang tiada habisnya, di salah satu lokasi di Kabupaten Bireun Aceh, tepatnya di kawasan Cot Batee Geulungku, di Simpang Mamplam, di sini dijajakan kuliner pulot pandan atau lebih di kenalnya dengan sebutan puloet ijo Aceh.

Cemilan ini biasanya dikonsumsi langsung setelah dibakar, atau bisa juga dimakan dengan kombinasi lain misalnya dengan durian, air tebu, kopi dan sebagainya.

Pulot ijo

Dewi, salah seorang penjual Pulot Ijo, menyebutkan Pulot Ijo ini terbuat dari beras ketan, santan, gula dan daun pandan yang menghasilkan warna hijau.

Proses pembuatannya, bahan yang sudah diolah kemudian dibungkus dengan daun pisang, lalu dibakar dengan menggunakan arang, memang sangat sederhana dan mudah. Rasanya pun sangat enak, tidak heran jika camilan ini sangat laris.

Pulot Ijo ini terletak di pinggir jalan lintas nasional Medan-Banda Aceh, dan merupakan lokasi peristirahatan dalam perjalanan jauh. Di kedai pulot di lokasi ini juga menyediakan berbagai makanan dan minuman serta rujak khas Aceh yang segar.

Jadi, bagi kamu yang main ke Aceh dan melintasi Cit Batee Geuleungku, jangan lupa singgah di lokasi ini untuk mencoba Pulot Ijo khas Aceh.

(mrt)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini